Bukan Cuma Rumah, Orang-orang Kaya Juga Obral Apartemen Mewah!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 07 Jul 2021 12:57 WIB
Pernah lihat isi apartemen termahal di New York, Amerika Serikat (AS)? Kalau belum langsung saja lihat di sini.
Foto: Mansion Global

Lenny juga mengamini adanya fenomena penjualan rumah mewah di kawasan elit, malah menurutnya rumah mewah itu sudah banyak dijual sejak 2019. Semakin ke sini penjualan rumah bertambah, rumah di 2019 belum terjual namun sudah ada rumah lain yang dijual. Maka dari itu penjualan rumah mewah terlihat menjamur.

"Mereka sebetulnya mau jual properti sejak sebelum pandemi, sejak 2019. Itu sudah banyak, belum laku, datang lah pandemi, makanya ini jadi kelihatan menjamur," ungkap Lenny.

Menurutnya, rumah mewah ini memang sering disewakan ke ekspatriat juga. Namun kini karena tak banyak lagi yang menyewa makin banyak lah rumah mewah dijual.

"Karena disewa juga ekspat sudah pada pulang, jadi mereka berpikir untuk mencoba menjual rumah rumahnya," kata Lenny.

Dari pantauan detikcom, rumah mewah diobral dengan harga gila-gilaan. Di situs Lamudi misalnya, ada rumah di Pondok Indah dijual mulai dari harga Rp 15 miliar. Di dalamnya dijelaskan bahwa rumah ini properti langka karena harganya di bawah Rp 20 miliar di kawasan Pondok Indah.

Harga jual rumah ini ditulis Rp 18 miliar namun ditawarkan turun menjadi Rp 15 miliar, itu pun masih bisa dinego. Rumah ini disebut berada di kawasan super strategis Grade A Pondok Indah. Memiliki luas 291 meter persegi dengan tipe 7 kamar tidur.

"Turun Harga!!! Jual Cepat Smart Home Semi Furnished di kawasan elit Pondok Indah," bunyi judul tawaran rumah yang dilihat detikcom.

"Harga jual dari Rp 18 M jadi Rp 15 M, nego," tulis keterangan tawaran tersebut.

Bergeser ke kawasan Kelapa Gading, rumah-rumah gedong dijual lebih murah lagi. Masih di situs Lamudi ditemukan ada rumah dengan luas 223 meter persegi dengan 5 kamar tidur dan 4 kamar mandi ditawarkan mulai Rp 5 miliar. Itu pun harganya masih bisa dinego.

"Harga Rp 5 M (Negotiable). Pemilik BU, yang serius nego aja. Rumah rapi, kualitas bangunan bagus," tulis keterangan tawaran tersebut.

Di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pun rumah gedong juga diobral. Di situs rumah123.com, ditemukan rumah mewah dengan luas bangunan 544 meter persegi dijual mulai Rp 50 miliar. Rumah itu memiliki 8 kamar tidur dengan garasi yang muat dua mobil.

"For sale, jual BU, Menteng. Price Rp 50 M, nego," tulis tawaran rumah tersebut.


(hal/fdl)