Elon Musk Tinggal di Rumah Kecil Rp 700 Jutaan, Ada Apa Sih Dalamnya?

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 09 Agu 2021 21:00 WIB
HAWTHORNE-CA-MAY 29: SpaceX CEO Elon Musk unveils the companys new manned spacecraft, The Dragon V2, designed to carry astronauts into space during a news conference on May 29, 2014, in Hawthorne, California. The private spaceflight company has been flying unmanned capsules to the Space Station delivering cargo for the past two years. The Dragon V2 manned spacecraft will ferry up to seven astronauts to low-Earth orbit. (Photo by Kevork Djansezian/Getty Images)
Foto: Dok. Boaxabl
Jakarta -

Sebuah rumah kecil kontrakan atau sewaan sekarang menjadi tempat tinggal triliuner Elon Musk. Rumah mungil tersebut berada di Boba Chica, Texas sekaligus berdekatan dengan fasilitas uji coba SpaceX.

Dikutip detikFinance dari Insider, Senin (9/8/2021) perusahaan Boxabl yang berbasis di Las Vegas menciptakan produk rumah instan bernama Casita seharga US$ 49.000 atau sekitar Rp 704 juta (kurs dolar Rp 14.378).

Saat ini, Elon Musk menjadi bagian dari 47.000 orang dalam daftar tunggu (waiting list) yang akan menempati rumah tersebut, 2000 diantaranya telah melakukan proses deposit. Meskipun mungil, fasilitas rumah itu lengkap lho! Ada kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu dan dapur.

Elon Musk tinggal di unit kecil seharga US$ 50.000 atau setara dengan Rp 718 juta yang dia sewa dari SpaceX pada Juni lalu.

"Sangat menyenangkan memiliki orang-orang ini sebagai pelanggan awal kami. Saya pikir itu menunjukkan bahwa orang-orang setuju bahwa kita sedang melakukan sesuatu yang besar di sini," kata pendiri Boxabl, Galiano Tiramani.

Tiramani menceritakan, pada 2017 lalu tim Las Vegas memutuskan untuk membuat rumah mungil setelah melihat peluang besar untuk membuat 'pabrik' bangunan di seluruh dunia sama seperti produk sehari-hari lainnya.

"Ada beberapa alasan mengapa perumahan belum benar-benar berfungsi di oabrij, jadi kami telah melewatinya dan menyelesaikan semua masalah itu," katanya.

Artinya, rumah mungil tersebut dapat berpindah tempat. Casita dapat dilipat dari 20 kaki menjadi sekitar 8,5 kaku saat diangkut dengan truk atau ditarik oleh truk pickup. Saking canggihnya, jika pelanggan bersedia membayar lebih untuk pengiriman maka rumah juga dapat dikirim ke luar negeri atau dikirim dengan kereta api.

Hampir semua penyelesaian Casita seperti dapur, kamar mandi, listrik, pipa ledeng dan HVAC diselesaikan di pabrik sebelum dikirim. Jadi, kata Tiramani, ketika Casita tiba di tujuan akhirnya, rumah hanya perlu dibuka (yang memakan waktu beberapa jam) dan kemudian dipasang ke fondasi dan utilitasnya sebelum benar-benar dipindahkan.

Bangunan 19,5 X 19,5 kaki juga dapat ditumpuk dihubungkan untuk membuat bangunan yang lebih besar. Dengan kecanggihan tersebut, Casita telah menarik lebih banyak orang hingga orang terkaya di dunia, Elon Musk.

Soal interiornya, dimulai dari bagian dapur, rumah tersebut sudah memiliki lemari es, wastafel ganda, oven, mesin pencuci piring, microwave, lemari, dan meja makan yang terhubung. Media center kamar tidur dapat digunakan untuk memisahkan tempat tidur dari ruang tamu, tetapi kedua 'ruangan' ini dapat dibalik.

Di bagian ruang tamu ada ruang untuk sofa dan meja pembuatan kopi. Sementara itu, kamar mandi berada di sebelah dapur dan dilengkapi dengan pancuran dan bak mandi, wastafel, meja, cermin dengan lampu latar, dan pintu geser untuk privasi. Ada juga mesin cuci dan pengering di tempat, ruang menyetrika yang telah ditentukan, dan kontrol suhu untuk ukurang langit-langit sembilan kaki enam inci.

Alih-alih menggunakan metode konstruksi klasik seperti kayu, palu, dan paku, Casita dibangun menggunakan baja, beton, insulasi busa, dan panel laminasi. Ini berarti rumah mungil itu cukup kuat untuk menahan angin topan, tahan jamur, dan tahan banjir serta salju.

"Permintaan akan perumahan sangat luar biasa besar, ada kekurangan di mana-mana dan tidak ada yang bisa membangun dengan cukup cepat. Senang rasanya mengetahui begitu banyak orang yang tertarik dengan produk ini," kata Tiramani.



Simak Video "Elon Musk dan Grimes Putus!"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)