Bikin Penasaran, Jack Ma Borong Tanah Rp 2,9 T Mau Buat Apa Ya?

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 16 Agu 2021 13:39 WIB
China Perintahkan Jack Ma untuk Rombak Bisnis Ant Group (Getty Images/AFP/P. Lopez)
Foto: Getty Images/AFP/P. Lopez
Jakarta -

Jack Ma melalui perusahaannya, Ant Group membeli sebidang tanah Hangzhou. Perusahaan membeli tanah itu dengan harga 1,31 miliar yuan (US$ 202 juta), jika dirupiahkan sekitar Rp 2,9 triliun.

Mengutip South China Morning Post, Senin (16/8/2021), tanah yang dibeli Jack Ma itu memiliki total luas kotor 325.795 meter persegi. Ant membeli sekitar 22% lebih rendah daripada situs terdekat yang diakuisisi tahun lalu.

Ant membayar 2,7 miliar yuan, atau 5,194 yuan per meter persegi pada Oktober lalu dengan total total luas lahan kotor 519.000 meter persegi. Akuisisi yang baru membuat kepemilikan lahan Ant bertambah menjadi 845.295 meter persegi di distrik tersebut.

Ternyata operator platform pembayaran online Alipay yang merupakan bagian dari Ant Group berencana untuk membangun kantor pusat globalnya di lahan yang pertama. Ant Group menolak berkomentar tentang pembebasan lahan terbaru.

Harga tanah di China telah menurun setelah pembuat kebijakan meluncurkan serangkaian langkah-langkah pendinginan untuk menahan pasar properti yang sedang panas-panasnya.

Di Hangzhou, ibu kota provinsi Zhejiang, aturan diperketat pada Januari untuk menghentikan orang memberikan properti mereka kepada kerabat dengan alasan palsu. Mereka menyamar sebagai pembeli rumah pertama.

Tetapi permintaan akan tanah tetap tinggi di Hangzhou. Di kota tersebut telah terjual 57 bidang tanah.

(das/dna)