Plus Minus Tinggal di Apartemen vs Rumah, Mana yang Lebih Untung?

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 13:17 WIB
Hispanic Couple Viewing Potential New Home
Foto: Istock
Jakarta -

Pernahkah Anda bingung antara tinggal di apartemen atau rumah? Kalau iya, jangan khawatir karena memiliki properti baik rumah atau apartemen merupakan pencapaian terbesar seseorang. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Eits, sebelum menentukan untuk membeli rumah atau apartemen, ada baiknya ketahui dulu beberapa pertimbangan dan alasan jika harus memilih antara tinggal di apartemen atau rumah.

Founder Muda Keren Punya Property Ruby Herman mengatakan, terdapat pro dan kontra soal pilihan tempat tinggal ini terutama bagi yang bekerja atau beraktivitas di Jakarta. Apalagi jika sudah berhubungan dengan finansial.

"Banyak nih yang bingung tinggal di apartemen atau rumah, memang ada pro dan kontra tinggal di apartemen dan rumah, kalau teman-teman berada di area Jabodetabek mungkin banyak bekerjanya di area di Jakarta," kata Ruby saat dihubungi detikcom, Rabu (1/9/2021).

Sementara itu, untuk mendapatkan rumah yang harganya di bawah Rp 1 miliar dengan kualitas dan fasilitas bagus agak susah. "Tapi kalau dapat apartemen seharga Rp 1 miliar ke bawah di tengah kota Jakarta ini banyak dan fasilitasnya wow," ujarnya.

Oleh sebab itu, pilihan antara tinggal di apartemen dan rumah menimbulkan pro dan kontra tergantung pada kebutuhan dan keinginan. Ruby mengatakan, jika seseorang memiliki uang di atas Rp 1 miliar mungkin opsi untuk memiliki rumah di Jakarta bisa dipilih.

"Tapi balik lagi kalau budget-nya di bawah Rp 1 miliar pilih lah apartemen. Apartemen juga punya banyak plus minus, plusnya lokasinya bagus, fasilitas banyak. Mungkin minusnya ada biaya maintenance bulanan, kemudian listrik dan air biasanya iurannya lebih tinggi daripada rumah, kemudian ada biaya parkir khusus di apartemen, itu harus diperhitungkan juga," paparnya.

Sementara itu, untuk rumah tergantung pada harga tanah khususnya di Jakarta yang selama ini dikenal terus tinggi. Jikalau ingin tinggal di rumah sedangkan pusat kegiatan di Jakarta, maka Ruby menyarankan untuk mencari rumah di luar Jakarta (Bodebek) dengan fasilitas yang nyaman.

"Rumah pun ada plus minusnya, jauh dekat ke kantor atau tempat aktivitas teman-teman. Itu berpengaruh (biaya transportasi dan lain-lain)," imbuhnya.

Sebelum menentukan pilihan, Ruby menyarankan agar melakukan pengecekan di awal. Lihat kantor pemasaran apartemen jika memilih tinggal di sana, perhatikan unit, akses dan fasilitasnya.

"Jadi sebelum memutuskan silahkan hitung dulu kalkulasikan mana yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan," tandasnya.

Lihat juga video 'Proyek Apartemen Mangkrak, Tapi Cicilan tetap Berjalan':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)