Tiba-tiba HERO Jual IKEA Sentul City Rp 280 M, Ada Angin Apa?

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 16:08 WIB
Pasar modern untuk home furnishing asal Swedia di Tangerang.
Tiba-tiba HERO Jual IKEA Sentul City Rp 280 M, Ada Apa?
Jakarta -

PT Hero Supermarket Tbk (HERO) memutuskan untuk menjual IKEA Sentul City di Bogor dengan harga Rp 280 miliar. Lalu apa alasan perusahaan tiba-tiba menjual aset tersebut?

Melansir keterbukaan informasi, Rabu (1/9/2021), manajemen HERO menjelaskan latar belakang perusahaan menjual IKEA Sentul City, salah satunya karena perusahaan tengah menghadapi masa sulit akibat pandemi COVID-19.

Posisi neraca keuangan HERO juga telah menurun secara signifikan selama 12 bulan terakhir dengan membukukan posisi kas bersih sebesar Rp 168 miliar pada 31 Desember 2020 dan selanjutnya melaporkan posisi utang bersih sebesar Rp 463 miliar pada 31 Desember 2020.

HERO juga sudah mengumumkan bahwa perusahaan akan fokus meningkatkan investasinya di IKEA, Guardian dan Hero Supermarket setelah memutuskan untuk menutup semua jaringan Giant.

"Transaksi ini akan memberikan Perseroan kemampuan untuk memonetisasi aset yang tidak likuid dengan nilai pasar wajar dan memberikan fleksibilitas neraca tambahan kepada Perseroan," tulis manajemen.

Hasil dari transaksi ini akan digunakan HERO untuk mengurangi fasilitas pinjaman dan mendukung kebutuhan modal kerja dan operasional Perseroan. Sehingga diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap kondisi keuangan Perseroan yang diciptakan oleh pembayaran utang serta memberikan Perseroan fleksibilitas keuangan untuk mendukung inisiatif pertumbuhan di masa depan.

Perseroan diharapkan bisa membukukan pendapatan dari penjualan aset IKEA Sentul City yang akan meningkatkan nilai buku ekuitas di neraca Perseroan.

Penjualan IKEA Sentul City sendiri merupakan transaksi afiliasi. Perusahaan menjualnya ke PT Archipelago Development (APD). HERO dan APD memiliki pemegang saham yang sama yakni Mulgrave Corporation B.V dan The Dairy Farm Company Ltd.

Di Hero Mulgrave Corporation memegang saham 63,59% dan The Dairy Farm Company memegang 25,71%, sisanya dimiliki PT Hero Pusaka Sejati 2,68% dan tersebar di masyarakat 8,05. Sementara di APD sahamnya hanya dimiliki oleh Mulgrave Corporation sebanyak 25% dan the Dairy Farm Company sebesar 75%.

Untuk IKEA Sentul City sendiri saat ini disewakan kepada anak perusahaan HERO yakni RUMAH melalui perjanjian sewa-menyewa. Setelah melalui negosiasi, akhirnya perusahaan menjual IKEA Sentul City kepada APD yang nantinya akan disewakan lagi kepada RUMAH.

Lihat juga video saat 'IKEA Mau Buka Lapak di Cakung, Anies Ingin Tenaga Kerja dari DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(das/fdl)