3 Fakta di Balik Penjualan IKEA Sentul City Rp 280 M

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 03 Sep 2021 21:00 WIB
Penampakan Terkini IKEA Sentul CIty
Foto: Danang Sugianto
Jakarta -

PT Hero Supermarket Tbk (HERO) beberapa hari lalu mengumumkan hal yang mengejutkan. Perusahaan memutuskan menjual aset berupa tanah dan bangunan IKEA Sentul City di Bogor.

Perusahaan menjual aset tersebut dengan harga Rp 280 miliar. Lalu bagaimana nasib IKEA Sentul City saat ini? Siapa pembelinya? Apa penyebabnya?

Berikut 3 fakta tentang dijualnya IKEA Sentul City:

1. Dijual ke 'Saudara Kandung'

Dalam keterbukaan informasi disebutkan bahwa perusahaan menjual tanah dan bangunan IKEA Sentul City kepada PT Archipelago Development (APD).

Transaksi ini merupakan transaksi jual beli yang bersifat afiliasi. Sebab, HERO dan APD memiliki pemegang saham yang sama yakni Mulgrave Corporation B.V dan The Dairy Farm Company Ltd. Ibaratnya kedua perusahaan ini memiliki orang tua yang sama.

Di Hero Mulgrave Corporation memegang saham 63,59% dan The Dairy Farm Company memegang 25,71%, sisanya dimiliki PT Hero Pusaka Sejati 2,68% dan tersebar di masyarakat 8,05. Sementara di APD sahamnya hanya dimiliki oleh Mulgrave Corporation sebanyak 25% dan the Dairy Farm Company sebesar 75%.

Untuk IKEA Sentul City sendiri saat ini disewakan kepada anak perusahaan HERO yakni RUMAH melalui perjanjian sewa-menyewa. Setelah melalui negosiasi, akhirnya perusahaan menjual IKEA Sentul City kepada APD yang nantinya akan disewakan lagi kepada RUMAH.

Ibaratnya selama ini HERO menyewakan asetnya tanah dan bangunan IKEA Sentul City kepada anaknya (RUMAH). Nah setelah aset itu dibeli oleh saudara kandungnya yakni APD, aset itu kemudian disewakan kembali oleh APD ke ponakannya (RUMAH).

Dengan begitu IKEA Sentul City masih beroperasi seperti biasa. Karena hanya peralihan aset antar keluarga dan penyewanya masih tetap sama.