Wajib Tahu Nih! Untung dan Rugi Beli Rumah Second

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 07 Sep 2021 15:12 WIB
KPR
Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta -

Punya rumah pribadi tentu jadi idaman setiap orang. Namun tak jarang, keinginan tersebut terkendala oleh keterbatasan biaya.

Salah satu jalan yang kerap jadi alternatif untuk segera memiliki rumah yaitu dengan membeli rumah second (rumah bekas). Founder Muda Keren Punya Property, Ruby Herman mengatakan, tidak ada salahnya membeli rumah second. Toh ada banyak sekali kelebihan bila dibandingkan dengan membeli rumah baru atau membuat rumah sendiri.

"Secara mindsetnya, membeli rumah second itu juga punya keuntungan yang lumayan, pertama dari sisi harga karena kita percaya harganya relatif murah dibandingkan rumah baru," kata Ruby saat dihubungi detikcom, Selasa (7/9/2021).

Tapi sebelum kamu ambil tindakan beli rumah bekas, pertimbangkanlah terlebih dahulu beberapa hal berikut ini:

Keuntungan Beli Rumah Bekas:

1. Harga relatif murah

Sudah hukum alam setiap barang bekas akan dijual dengan harga miring. Jika kebutuhan mendesak untuk memiliki tempat tinggal pribadi, maka rumah second bisa jadi salah satu pilihan.

"Kebanyakan orang yang terkendala dengan budget bisa memilih rumah second yang harganya relatif murah dibanding harga baru," ujar Ruby.

2. Lokasinya strategis

Ruby mengatakan, keunggulan rumah bekas biasanya selalu berada di lokasi yang strategis. Lokasi strategis yang dimaksud yaitu dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, pusat perbelanjaan, pusat bisnis, universitas dan lain-lain.

"Nah kalau kita membeli rumah second ini bisa memilih lokasi yang ada di tengah kota, itu kalau bicara rumah second. Berbeda dengan rumah baru, kebanyakan rumahnya dibangun di kawasan pinggiran kota sehingga aksesnya juga agak susah," katanya.

3. Bisa dijadikan investasi

Karena harganya yang relatif murah, jika tak digunakan untuk tempat tinggal tetap atau bukan rumah pertama maka rumah second ini bisa dijadikan sebagai investasi.

"Lumayan kalau kita bisa memperbaiki rumahnya bisa dijual kembali. Teman-teman harus jeli juga memilih rumah second, pastikan rumah tersebut keadaannya bagus, nggak ada minim untuk renovasi karena untuk kebutuhan investasi, harus teliti walaupun rumah bekas," paparnya.

4. Umumnya dibangun di tanah luas

Kemudian untuk rumah second yang memang dijual butuh atau cepat biasanya dibangun di atas tanah yang luas, tak jarang pembeli mendapatkan bonus furniture.

5. Harga bisa tawar menawar

Keuntungan beli rumah second juga bisa negosiasi dengan pemilik rumah. Pembeli bisa menentukan dengan budget yang dimiliki dan saling tawar menawar.

6. Surat-suratnya lengkap

Secara legalitas, rumah second dinilai lebih lengkap karena sudah pernah ditempati dan diurus terlebih dahulu. Kondisi lingkungannya pun akan lebih ramai.

Lalu apa kerugiannya? Buka halaman selanjutnya.