Beli Rumah Rp 17 Juta Pakai Sistem Cessie, Maksudnya Gimana Ya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 07 Sep 2021 16:28 WIB
Rumah Murah
Beli Rumah Rp 17 Juta Pakai Sistem Cessie, Maksudnya Gimana Ya?
Jakarta -

Beberapa rumah dijual dengan harga murah meriah mulai dari belasan juta rupiah. Rumah-rumah murah ini dijual dengan sistem cessie. Hal itu dapat ditemui di situs resmi rumahmurahbtn.co.id. Yang jadi pertanyaan apa sih sistem cessie, seperti apa jadinya bila beli rumah dengan sistem cessie?

Perlu diketahui dulu sistem cessie sendiri adalah sistem pembelian suatu aset dengan cara membayar sisa utang orang lain pada aset tersebut. Dalam hal ini, calon pembeli akan membayar sisa kredit atau utang bank dari rumah yang ditawarkan. Bahasa gampangnya over kredit.

Jadi, harga rumah murah yang dicantumkan dalam website rumahmurahbtn.co.id dengan sistem pembelian cessie adalah sisa kredit yang belum dibayarkan pemilik rumah sebelumnya.

detikcom sempat menghubungi pihak sales rumahmurahbtn.co.id untuk mencari informasi lebih lanjut soal pembelian rumah dengan sistem cessie. Sebagai contoh kasus, dari penelusuran detikcom dalam situs ini ada rumah yang dipatok dengan harga Rp 17 juta saja.

Lokasinya di Puri Cikarang Asri No H11/18, Sukatani, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Rumah ini memiliki luas tanah 60 meter persegi dan luas bangunan 22 meter persegi. Rumah itu memiliki kode aset CBB-210825.

Nah dari informasi yang diterima, calon pembeli rumah ini pertama-tama harus melunasi jumlah utang yang tertera dalam website. Ingat, harga tersebut adalah sisa utang dari pemilik rumah yang lama.

Kalau sudah bayar sisa utang, apakah rumah murah tersebut bisa langsung kita tempati? klik halaman berikutnya.

Simak juga Video: Ajukan KPR bisa dari Rumah

[Gambas:Video 20detik]