Beli Four Seasons Hotel, Bill Gates Borong Saham Pangeran Arab Rp 31,5 T

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 09 Sep 2021 16:46 WIB
Bill Gates kutu buku
Foto: Facebook
Jakarta -

Bill Gates melalui perusahaannya, Cascade Investment LLC membeli hotel asal Kanada, Four Seasons Hotels and Resorts. Pembelian itu dilakukan dengan memborong setengah saham Pangeran Alwaleed bin Talal dari Arab Saudi.

Dikutip dari Reuters, Kamis (9/9/2021) Nilai transaksi saham itu mencapai US$ 2,21 miliar setara Rp 31,5 triliun (kurs Rp 14.260). Dengan pembelian itu, Bill Gates jadi memiliki 71,3% saham perusahaan. Nilai perusahaan juga meningkat menjadi US$ 10 miliar.

Pangeran Alwaleed memiliki saham di Four Seasons melalui perusahaan investasinya, Kingdom Holding Co. Meski setengah sahamnya diborong, sisanya tetap masih milik dari Kingdom Holding. Selama 10 tahun terakhir pangeran Alwaleed juga dikabarkan telah banyak menjual sahamnya.

Dengan sisa saham yang tidak disebutkan besarannya, Kingdom Holding mengatakan akan menggunakan hasil tunai dari divestasi untuk investasi masa depan dan membayar pinjaman yang belum dibayar.

Tidak hanya di Four Seasons pangeran Arab juga memiliki saham di banyak perusahaan, seperti Citigroup Inc (C.N) dan perusahaan transportasi online Lyft Inc (LYFT.O).

Lihat juga video 'Setelah Pandemi, Bill Gates Ramal Bencana di Masa Mendatang':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)