Harga Dibanting Abis! Kos-kosan 2 Tingkat-8 Kamar Dijual Rp 500 Jutaan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Sabtu, 11 Sep 2021 09:00 WIB
Kosan Murah
Harga Dibanting Abis! Kos-kosan 2 Tingkat-8 Kamar Dijual Rp 500 Jutaan

Di sisi lain, pemilik kos mesti mengeluarkan biaya untuk perawatan atau maintenance. Kondisi ini yang menyebabkan pemilik menjual kosnya.

"Sedangkan kalau namanya kos-kosan harus ada maintenancenya juga. Nah, udah gitu kos-kosan ini kan bayarnya per bulan. Kalau bayarnya per bulan, kalau dia kosong, sedangkan dia kan ada orang yang taruh sana, maintenancenya jalan, listriknya apa gimana bayar, mungkin ya. Jadi itu yang menyebabkan, mungkin cashflow, ya mungkin jadi berkurang dia," paparnya.

Dia mengatakan, penjualan kos ini tergantung pemilik. Ada yang kuat maka akan mempertahankan kosnya, begitu pun sebaliknya.

Soal penurunan harga, pihaknya sulit memberikan gambaran. Dia mengatakan, dalam kondisi saat ini terpenting adalah pembelinya. Sebab, tidak semua orang ingin masuk ke bisnis kos-kosan.

"Kalau kita bicara gambaran, kita susah, tapi bagaimana saat ini ada pembeli aja. Begini, tidak semua orang kan yang mau masuk ke kos-kosan juga. Jadi, tergantung daripada buyernya, tergantung daripada budget. Jadi kalau saya bilang, mau turun apa gimana itu tinggal keputusan daripada pemilik," katanya.

"Jadi keputusan dari pemilik menurunkan harga, dia lihat, 'Sudahlah saya jual aja'. Kalau saya bilang berapa persen itu sulit, soalnya kenapa, yang penting ada pembeli dulu," tambahnya.


(acd/fdl)