d'House Hunter

Mau Cari Rumah di Parung Panjang, Apa Saja Sih Fasilitasnya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 19 Sep 2021 12:00 WIB
dHouse Hunter Parung, Bogor
Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
Jakarta -

Pembangunan rumah di Parung Panjang, Kabupaten Bogor cukup pesat. Kini, perumahan-perumahan baru mulai menjamur di wilayah tersebut.

Tim d'House Hunter pun mengunjungi wilayah tersebut untuk mengecek kondisinya. Apa saja fasilitas yang tersedia di sana?

Dari segi akses, Parung Panjang dilewati KRL rute Tanah Abang-Rangkas Bitung. Waktu tempuh Stasiun Tanah Abang ke Parung Panjang ataupun sebaliknya membutuhkan waktu sekitar 40 menit. Transportasi ini menguntungkan bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi di ibu kota.

Jalan utama di Parung Panjang pun cukup lebar. Namun, di beberapa titik bergelombang karena jalan ini kerap 'dihajar' truk-truk besar. Truk-truk tersebut juga kadang memenuhi jalan di malam hari.

d'House Hunter Parung, Bogord'House Hunter Parung, Bogor Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom

Hal ini pun dikeluhkan Laksmi, yang baru saja menempati huniannya di Parung Panjang.

"Ya semoga fasilitas sama infrastrukturnya ditingkatin. Sama truk-truk lebih dijadwalin deh, apalagi sebelum jadwal truk-truk jalan kalau bisa jangan sampe ngetem di pinggir jalan, apalagi tiap hari Jumat malam sampai weekend deh, buset pada ngetem di pinggir jalan nunggu jam boleh pada beroperasi bikin macet parah," katanya.

Parung Panjang juga bakal terhubung dengan tol. Sebab, Tol Serpong-Balaraja tengah dibangun di mana berdasarkan keterangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) konstruksinya dijadwalkan rampung pada 2024. Tol Serpong-Balaraja terdiri dari tiga seksi yakni BSD-Legok, Legok-Tigaraksa Selatan, Tigaraksa Selatan-Balaraja.

Rencananya, Tol Serpong-Balaraja rencananya memiliki 8 simpang susun (SS) yang bisa menjadi akses baru dari Serpong hingga Balaraja yakni SS CBD, SS Industri, SS Legok, SS Mekar Jaya, SS Pasir Barat, SS Jambe, SS Cileles, dan SS Tigaraksa. Tol ini akan terkoneksi dengan tol lainnya yaitu Tol Serpong-Ulujami yang juga terkoneksi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 dan JORR 2.

Untuk kebutuhan sehari-hari, terdapat Pasar Parung Panjang yang menjual aneka kebutuhan pokok. Kemudian, ada juga ruko-ruko di kawasan perumahan yang menyediakan kebutuhan pokok seperti beras, daging, sayur dan lainnya.

Supermarket besar belum tampak di Parung Panjang. Namun, mini market seperti Indomaret, Alfamart dan Alfamidi sudah banyak tersedia. Jika ingin ke supermarket besar, bisa mendatangi BSD atau Karawaci dengan waktu tempuh sekitar 3- sampai 40 menit.

Begitu juga layanan kesehatan. Rumah sakit besar juga belum tersedia. Namun, di Parung Panjang terdapat puskesmas dan klinik-klinik yang memberikan pelayanan.