Tetangga Raffi Ahmad Ramai-ramai Obral Rumah, Orang Kaya BU Lagi?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 03 Okt 2021 12:40 WIB
Rumah-rumah orang kaya atau tajir di kawasan elit seperti Pondok Indah dan Menteng dijual. Begini penampakan rumahnya.
Ilustrasi rumah dijual/Foto: Sylke Febrina Laucereno/Detikcom
Jakarta -

Fenomena obral rumah mewah belakangan ini terjadi di tengah pandemi COVID-19. Fenomena penjualan rumah mewah ini tidak hanya terjadi di kawasan elit seperti Pondok Indah dan Menteng, tapi juga terjadi di selatan Jakarta seperti Andara, Jati Baru, Cinere, Depok.

Seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (3/10/2021), banyak pemilik rumah di kawasan tersebut berniat menjual rumahnya. Bahkan, mereka sengaja menurunkan harga agar laku lebih cepat.

Salah satunya terjadi di Green Andara Residence, kompleks yang sama dengan Raffi Ahmad atau dikenal dengan Sultan Andara. Julukan Sultan Andara melekat erat di Raffi karena ia disebut-sebut tajir melintir dan memiliki banyak rumah dan tanah di kawasan tersebut.

"Dijual cepat termurah di bawah Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Harga butuh uang (BU), Green Andara Residence, harga PPJB Rp 2,78 miliar, harga jual Rp 2,6 miliar, nego, harga developer sudah Rp 3,3 miliar," tulis penjual dilansir dari rumah.com.

Spesifikasi rumahnya adalah luas tanah 108 m2 (7×15,5 meter), luas bangunan 120 meter persegi, kamar tidur 3+1, kamar mandi 2+1, car port 1, semi furnished serta kanopi depan dan belakang.

"Satu komplek dengan rumah Raffi Ahmad dan Gading Marten wow....," tulis penjual.

Sementara itu, penjual lainnya mengklaim rumah yang dijualnya termurah ditambah lokasinya dekat dengan kediaman Sultan Andara.

"Tol Andara, luas tanah 105 meter persegi, luas bangunan 100 meter persegi, harga Rp 1,75 miliar," tulis penjual dilansir dari rumah.com.

Rumah itu terdiri dari 2 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, listrik 2.200, carport 2, serta tersedia taman depan maupun belakang. Adapun legalitasnya adalah Sertifikat Hak Milik (SHM)/ Izin mendirikan Bangunan (IMB) dan Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Masih di wilayah Andara, ada pemilik rumah lainnya yang ingin menjual cepat rumahnya dengan harga Rp 2,7 miliar.

Rumahnya terdiri dari 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi dengan luas tanah 120 m2 dan luas bangunan 140m2. Fasilitas lain ada carport 1 mobil, sudah ada kitchen set dan interior serta baru selesai renovasi.

BERITA SELENGKAPNY ADA DI SINI



Simak Video "Frans Sanjaya, Youtuber Spesialis Action Figure Jutaan Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)