Pengembang hingga Akademisi Mau Kumpul Bahas Proyek-Pembiayaan Properti

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 11 Okt 2021 15:40 WIB
Rumah Murah di Parung Panjang
Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
Jakarta -

Pengembang dan pemangku kepentingan di sektor properti bakal berkumpul dan berdiskusi membahas isu perumahan terkini. Tujuannya, untuk merumuskan usulan, inovasi serta kebijakan yang mendukung pertumbuhan properti di dalam negeri.

Acara yang bertajuk Indonesia Housing Forum 2021 itu digelar oleh Habitat for Humanity Indonesia bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dan Universitas Trisakti akan menggelar Indonesia Housing Forum 2021

"Hunian atau perumahan merupakan bagian dari sebuah industri besar properti sehingga permasalahan yang dihadapi menjadi sangat kompleks," jelas Budiarsa dalam keterangan resminya, Senin (11/10/2021).

Indonesia Housing Forum 2021 mengambil tema "Membangun Hunian yang Inklusif untuk Masa Depan yang Lebih Baik". Acara ini akan digelar secara daring pada 14 Oktober 2021, melibatkan seluruh pemangku kepentingan di sektor perumahan dan sektor pendukung terkait lainnya.

Kepala Badan Pengembangan Kawasan Properti Terpadu Kadin Indonesia, Budiarsa Sastrawinata mengatakan, saat ini adalah momentum yang tepat untuk menyuarakan visi baru untuk kawasan dan hunian yang lebih inklusif dan berkelanjutan, juga memperkuat komitmen terhadap SDGs dan perubahan iklim ke dalam prioritas nasional dan daerah.

"Kami berharap nantinya tercipta kolaborasi erat antar pemangku kepentingan untuk meningkatkan kapasitas industri properti dan khususnya sektor hunian yang terjangkau di kawasan asia pasifik," ungkapnya.

Tak hanya itu, dia mengatakan, pembiayaan perumahan yang terjangkau menjadi isu yang masih harus dicarikan solusi terbaik. Perlu adanya formula khusus untuk memeriksa instrumen pembiayaan dari berbagai pelaku baik di sektor publik maupun swasta untuk mendanai perumahan yang terjangkau.

Sementara itu, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia Susanto menyampaikan, Indonesia Housing Forum merupakan sebuah forum yang diadakan setiap 2 tahun sekali yang mempertemukan para pemangku kepentingan dari berbagai sektor yang bertujuan untuk mencari solusi terkait masalah perumahan di Indonesia yang nantinya sekaligus mempromosikan perumahan terjangkau yang dapat mendorong kinerja sektor properti nasional yang berdampak positif untuk pertumbuhan ekonomi.

Indonesia Housing Forum merupakan bagian dari Housing Forum yang diadakan di tingkat Asia Pasifik selama 1 dekade sejak konferensi pertama tahun 2007. Di Indonesia sendiri, Indonesia Housing Forum 2021 merupakan pelaksanaan ke-3 setelah tahun 2017 dan 2019 lalu. Housing Forum Asia Pasifik yang dihadiri lebih dari 9.200 peserta telah menjadi ruang bagi setiap pemangku kepentingan berbagi kesamaan dan diskusi dengan wawasan yang menarik terkait dengan rumah.

"Indonesia Housing Forum yang sudah dilaksanakan sebanyak 2 kali setidaknya telah menggerakkan banyak pihak akhirnya terlibat mewujudkan hunian layak di Indonesia dengan salah satunya membentuk CSR Forum Kabupaten Tangerang untuk pembangunan hunian layak," ungkap Susanto.

Lanjut ke halaman berikutnya