Beli Rumah Murah Bukan Mustahil, Ini Siasat Dapatkan dan Belinya

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 20 Okt 2021 07:00 WIB
KPR
Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban

Sebagai informasi, beberapa jenis rumah KPR subsidi yang diberikan pemerintah yaitu Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan bunga 5% sepanjang masa kredit, Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM), Bantuan Pembiayaan Berbasis Tabungan (BP2BT) dengan bantuan uang muka hingga Rp40 juta dan Tabungan Perumahan Rakyat dengan bunga 5% hingga 30 tahun.

Seluruh program tersebut diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di bawah Rp 8 juta, termasuk berpenghasilan UMP.

Rumah murah pun bisa didapat dari situs penjualan rumah resmi seperti rumahmurahbtn.co.id. Di dalamnya terdapat beberapa rumah yang dibanderol mulai Rp 15 juta dengan skema pembayaran cessie.

Nah, skema cessie ini berbeda dengan jenis pembayaran properti lain seperti cash keras, cash bertahap dan KPR. Skema cessie ini menempatkan calon pembeli sebagai orang yang membayar sisa kredit atau utang bank dari rumah yang dipasarkan.

Setelah calon pembeli membayar ke bank, lalu calon pembeli bertemu dengan pemilik rumah lama untuk mengurus persoalan pemindahan nama sertifikat. Biasanya untuk pemindahan nama ini juga dikenakan sejumlah uang. Demikian penjelasan singkat mengenai skema cessie.


(eds/eds)