Tak Terima 'Digoyang', Mafia Tanah Serang Balik Menteri Sofyan Djalil

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 22 Okt 2021 13:51 WIB
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil menyembanyi KPK
Tak Terima 'Digoyang', Mafia Tanah Serang Balik Menteri Sofyan Djalil
Jakarta -

Kementerian ATR/BPN tengah gencar membongkar aktivitas para mafia tanah. Para dedemit cuan ini pun tak tinggal diam.

Menurut Staf Khusus dan Jubir Kementerian ATR/BPN Teuku Taufiqulhadi, ada kemajuan pesat di Kementerian ATR/BPN selama kepemimpinan Menteri Sofyan Djalil.

"Paling utama dan sangat penting, Sofyan Djalil mengejar para mafia tanah sampai ke ujung langit. Ia membentuk Satgas Antimafia Tanah untuk pertama kali dalam sejarah kementerian ini. Dan, ia bersumpah, negara tidak boleh kalah dengan para mafia tanah," kata Taufiq dalam keterangan tertulis, Jumat (22/10/2021).

"Dulu, semua pihak menikmati kondisi yang tanpa Satgas Antimafia Tanah. Akibatnya para mafia merajalela. Tapi meski merajalela, semua menganggap aman tanpa mafia," tambahnya.

Menurutnya, kini situasinya berbeda, publik jadi tahu semua bahwa mafia itu sangat masif. Terlihat sejak Sofyan berniat memberantas praktik curang ini, para mafia menjadi kalang-kabut dan mengerahkan segala kekuatan untuk menyerang balik.

"Bahkan ada meminta mundur. Tangan-tangan yang pro-mafia pun kini bergerak dengan kekuatan penuh, dan mempersoalkan hal-hal yang tidak relevan dengan wewenang Kementerian ATR/BPN, atau menggugat sesuatu yang telah baik di Kementerian ATR/BPN," katanya.

Apa saja serangan-serangan para mafia tersebut? Lihat di halaman berikutnya.