Pelototi Proyek Hary Tanoe di Lido, Ridwan Kamil: Wajib Ada Progres!

Yudha Maulana - detikFinance
Jumat, 22 Okt 2021 15:39 WIB
MNC Group diketahui tengah mengembangkan dua wilayah destinasi hiburan MNC Lido City dan MNC Bali Resort. Total nilai investasinya mencapai US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 23,8 triliun (kurs Rp 14.000).
Foto: Humas Pemprov Jabar
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terus memonitor perkembangan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor. Menurut Ridwan, pembangunan KEK pertama di Jawa Barat itu wajib menunjukkan progres yang nyata.

"KEK Lido wajib menunjukkan ada progres. Jadi harusnya dalam dua atau tiga tahun, 10 persen total pembangunan itu harus terwujud secara nyata," ujar Ridwan Kamil di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jumat (22/10/2021).

Sebagai informasi kawasan MNC Lido City mendapat persetujuan Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata (KEK Pariwisata). Persetujuan itu dituangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 2021 tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido.

Kawasan itu memiliki luas 1.040 hektare yang terletak di dalam wilayah Lido Kecamatan Cigombong dan Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Kegiatan usaha di KEK Lido khusus untuk pariwisata dan industri kreatif.

Setelah menyandang status KEK, kawasan yang rencananya akan dibangun destinasi wisata sekelas Disneyland di dalamnya akan mendapat sejumlah fasilitas dari pemerintah. Badan usaha dan pelaku usaha di kawasan MNC Lido City mendapat kemudahan perizinan termasuk soal rencana membangun taman bermain sekelas Disneyland dan Universal Studio itu.

Selain itu, badan usaha dan pelaku usaha di kawasan MNC Lido City juga bisa menikmati berbagai kemudahan dan fasilitas insentif perpajakan sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 237/PMK.010/2020 antara lain diberikannya insentif pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah, bea masuk dan pajak dalam rangka impor, cukai, serta berbagai kemudahan perizinan lainnya.

Ridwan mengatakan, ada tiga progres pembangunan yang saat ini tengah berjalan di sana, diantaranya wahana dengan tema taman bunga, Masjid dan fasilitas perhotelan yang saat ini didahulukan pembangunannya.

"Intinya harus ada progres dan akan saya monitor, karena KEK pertama di Indonesia, di Jawa Barat adalah KEK Lido," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Rencana MNC Group di Lido. Langsung klik halaman berikutnya