d'House Hunter

Mau Cari Rumah di Pinggir Jakarta? Pondok Cabe Bisa Jadi Pilihan Nih!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 24 Okt 2021 09:04 WIB
Kawasan Pondok Cabe/Herdi Alif Alhikam
Foto: Kawasan Pondok Cabe/Herdi Alif Alhikam
Jakarta -

Pondok Cabe, menjadi salah satu kawasan yang cepat perkembangannya di pinggiran Jakarta. Kawasan ini cocok sekali untuk dihuni masyarakat yang bekerja di ibu kota namun tak mampu membeli rumah di tengah kota.

Secara wilayah, Pondok Cabe letaknya berada di administratif Kota Tangerang Selatan, Banten. Kawasan ini benar-benar berada di perbatasan, jadi bisa dibilang ke Jakarta dekat, ke Tangsel apalagi.

Mau ke Jakarta Selatan cuma ditempuh 30-45 menit saja, mau ke Depok juga sama. Mau ke Bogor pun dekat, cuma sekitar 60 menitan. Mau main ke BSD atau Bintaro cuma 30-45 menit saja.

"Senang saya tinggal di sini, dekat mau ke mana-mana. Kebetulan kerja di Jakarta juga, dapat rumah di pinggir tapi nggak yang berangkat kerja harus jam 4 atau 5 pagi," kata Iqbal salah seorang warga Pondok Cabe kepada detikcom.

Pondok Cabe saat ini bisa dibilang dihimpit dengan beberapa akses jalan tol. Paling dekat adalah pintu tol Pamulang yang masuk ke dalam jaringan jalan tol Serpong-Cinere, letaknya di sekitar Perempatan Gaplek, dari beberapa kawasan perumahan cuma butuh perjalanan sekitar 10 menit.

Selain jalan tol Serpong Cinere, ada juga jalan tol Depok-Antasari lewat pintu tol Brigif yang ditempuh sekitar 20 menitan dari Pondok Cabe.

Bagi yang bekerja di tengah Jakarta dan mau naik transportasi umum, Pondok Cabe memiliki akses yang dekat dengan MRT Jakarta. Cukup 20-30 menitan untuk menuju stasiun Lebak Bulus. Kalau mau naik Transjakarta bisa langsung menuju Ciputat, yang ditempuh cuma 15-20 menit dari Pondok Cabe.

Masyarakat bisa menggunakan ojek, angkot, ataupun kendaraan pribadi untuk sampai di Ciputat atau Lebak Bulus. Kemudian baru lah melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum ke tengah kota.

Mau ke luar kota pun makin mudah bila tinggal di Pondok Cabe, sudah ada terminal bus Pondok Cabe bagi yang ingin ke luar kota lewat jalur darat.

Pondok Cabe memang identik dengan lapangan terbangnya, sayangnya pangkalan udara itu cuma digunakan untuk latihan terbang. Tapi jangan khawatir, untuk menuju ke Bandara Internasional Soekarno Hatta pun tak butuh waktu lama.

Dari Pondok Cabe kira-kira cuma butuh 45-60 menit ke bandara menggunakan kendaraan pribadi, ataupun naik Damri yang tersedia di Lebak Bulus atau Terminal Pondok Cabe.

(hal/zlf)