Keponakan Aburizal Bakrie Beli Rumah Mewah Rp 400 M di Beverly Hills

Dana Aditiasari - detikFinance
Kamis, 04 Nov 2021 12:04 WIB
Rumah Mewah Adhika Bakrie
Foto: Rumah Mewah Adhika Bakrie (The Beverly Hills Estates)
Jakarta -

Adhika Bakrie, keponakan kongolomerat Aburizal Bakrie dilaporkan membeli sebuah rumah mewah di lereng bukit di Trousdale Estates. Tak tanggung-tanggung, istana yang beralamat di 514 Chalette Drive, Beverly Hills itu ditebus Adhika dengan harga US$ 28 juta atau setara Rp 406 miliar (kurs Rp 14.500/US$).

Mengutip The Real Deal, Kamis (4/11/2021), Rumah mewah rancangan Mark Rios yang membentang 3.824 meter persegi itu punya enam kamar tidur, sebelas kamar mandi. Interiornya didesain oleh Dusenbury Design. Di dalamnya ada bermacam-macam fasilitas mewah dari mulai gym, teater, lift, salon kecantikan, dan kamar utama seluas 487 meter persegi. Istana ini juga memiliki kolam renang dan garasi bawah tanah seluas 640 meter persegi.

Sebelum jatuh ke tangan Adhika, istana ini sudah keluar masuk bursa rumah mewah sejak Juni 2020. Mulanya, rumah mewah ini dijual dengan harga US$ 39 juta. Harganya sempat melorot ke US$ 34,85 juta beberapa bulan kemudian. Sempat terjual, kemudian dicatatkan dan ditawarkan kembali seharga US$ 32,5 juta pada April lalu.

Menurut catatan, penjualnya adalah kala itu adalah LBJ Property 1, LLC. Entitas membayar US$ 7,9 juta untuk mansion tersebut pada Februari 2016.

Tak mengherankan tampaknya bagi Adhika bisa memiliki aset properti super mewah itu. Pemilik nama lengkap Adhika Andrayudha Bakrie yang kini berusia 37 tahun itu diketahui menjabat sebagai direktur di Bakrie Sumatera Plantations, yang memproduksi produk kelapa sawit dan karet.

Keluarga Bakrie sendiri pernah menjadi keluarga terkaya di Indonesia tepatnya pada tahun 2007. Kala itu Aburizal Bakrie menjabat Menko Kesra. Aburizal dan keluarganya ditaksir memiliki kekayaan senilai US$ 5,4 miliar di tahun 2007, atau naik dari US$ 1,2 miliar pada tahun 2006. Penyumbang terbesar peningkatan kekayaan Aburizal adalah lonjakan harga saham perusahaan batubara Bumi Resources milik Bakrie Group.

Runtuhnya harga batu bara telah menurunkan posisi keluarga dalam hal kekayaan komparatif di dalam perbatasan Indonesia. Menurut Asia Times, keluarga tersebut tidak masuk dalam 50 besar Indonesia dalam hal kekayaan bersih.

Meski tak lagi tercatat sebagai orang terkaya, tampaknya keluarga besar Bakrie belum kehilangan pundi-pundinya.

Lihat juga Video: Ardie Bakrie Sudah Kembali Lagi ke Panti Rehabilitasi

[Gambas:Video 20detik]



(dna/ang)