Dirampas Mafia Tanah, Aset Nirina Zubir Bisa Kembali?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 24 Nov 2021 14:35 WIB
Nirina Zubir
Dirampas Mafia Tanah, Aset Nirina Zubir Bisa Kembali?
Jakarta -

Nirina Zubir menjadi korban mafia tanah. Enam aset senilai Rp 17 miliar milik mendiang ibunda dirampas mantan asisten rumah tangga (ART) bernama Riri Khasmita. Lantas, bisakah aset itu kembali ke keluarga Nirina?

Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra mengatakan, jika terbukti ada pemalsuan dokumen maka sertifikat tersebut bisa dibatalkan.

"Kalau memang nanti terbukti ada pemalsuan dokumen yang menjadi dasar permohonan hak atas tanah termasuk peralihannya itu, kami wajib membatalkan sertifikat yang keliru tersebut dengan alasan kesalahan administrasi," katanya dalam acara bertajuk Mengungkap Kiprah Mafia Tanah, Rabu (24/11/2021).

Persoalan mafia tanah Nirina sendiri telah masuk proses hukum. Ia pun meminta agar menunggu. "Jadi bisa dibatalkan oleh BPN. Memang sekarang sudah masuk proses hukum pidana. Jadi kami harus tunggu dulu nih, mudah-mudahan bisa lebih cepat," katanya.

Dia bilang, pembatalan ini sendiri bisa saja dilakukan jika ada penyerahan sukarela. Kembali, karena sudah masuk proses hukum ia meminta menunggu. Sebab, pihaknya tidak ingin melangkahi kewenangan kepolisian yang melakukan pemeriksaan.

"Kalau ada penyerahan sukarela sebetulnya tidak harus. Tapi kan sekarang sudah masuk proses pidana, jadi kita harus tunggu. Nanti jadi melewatin kewenangan dari kepolisian yang sedang memeriksa kebenaran materilnya," ujarnya.

"Dan ini mestinya bisa lebih cepat apalagi kalau memang bukti-buktinya lengkap, dibawa ke pengadilan. Jadi semua pun jadi happy dan yang bersalah memang harus ditindak secara tegas," terangnya.

Simak video 'Polisi Tangkap Notaris Kasus Mafia Tanah, Nirina Zubir: Alhamdulillah':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/fdl)