Jadi Bos Properti Bisa Cuma 'Modal Dengkul', Begini Caranya

ADVERTISEMENT

Jadi Bos Properti Bisa Cuma 'Modal Dengkul', Begini Caranya

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 16 Des 2021 08:00 WIB
dHouse Hunter Cikarang/Danang Sugianto
Foto: d'House Hunter Cikarang/Danang Sugianto
Jakarta -

Jangankan menjadi pebisnis properti, mencicil kredit kepemilikan rumah (KPR) saja rasanya berat buat yang gajinya cuma UMR. Tapi jangan salah, sebenarnya menjadi juragan properti bisa dilakukan tanpa modal.

Founder Ternak Properti Dimas Dwi Ananto menjelaskan berbagai cara yang dapat dilakukan.

"Kalau pemula, satu adalah kalau kita mau jadi pebisnis properti itu yang pertama mulai dari rumah sendiri dulu ya, dicobain dulu rasanya, nikmatnya untuk punya penghasilan properti ya kan. Ternyata saya nggak punya rumah, nggak apa-apa pakai punya orang lain, bantu jualin produk orang lain," katanya di d'Mentor, kemarin Rabu (15/12/2021).

Membantu menjual properti milik orang lain memang tak membutuhkan modal. Tapi cara jualannya bagaimana?

"Kalau kita mau jadi agen boleh, agen properti yang profesional, ada juga yang independen. Saran saya adalah ikut yang namanya agen profesional dulu," tuturnya.

Dengan menjadi agen properti profesional, Anda akan mendapatkan banyak ilmu dari rekan sesama agen properti. Tentunya menjual properti milik orang lain membutuhkan strategi. Sebab, pemilik rumah tentu menginginkan propertinya dihargai mahal, sedangkan calon pembeli ingin mendapatkan harga semurah mungkin.

Trik yang pernah dia lakukan adalah dengan menghubunginya selama beberapa kali di hari yang berbeda agar pemilik rumah mau menurunkan harga. Percakapan yang dia lakukan adalah dengan membandingkan properti lain yang harganya lebih murah. Akhirnya pemilik rumah akan merasa bahwa nilai jualnya ketinggian.

"Akhirnya apa? dia mau turun nggak harganya? ya sebenarnya itu trik saya dulunya. Akhirnya apa? dia 'oh iya apa saya kemahalan atau nggak ya'," tambahnya.

Saksikan juga: Start Bisnis Properti Modal UMR

[Gambas:Video 20detik]



(toy/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT