BTN Gandeng Startup, Cari Rumah Hingga Ajukan KPR Bakal Makin Gampang

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Kamis, 16 Des 2021 19:15 WIB
Seorang nasabah mengakses website www.ipexbtnproperti.co.id di salah satu kantor cabang Bank BTN pekan lalu di Jakarta. Indonesia Property Expo atau IPEX virtual 4D yang pertama kali digelar Bank BTN di Indonesia telah berhasil mengajak lebih dari 2 juta masyarakat Indonesia berinteraksi dalam pameran rumah yang diselenggarakan secara virtual tersebut. Pameran yang berlangsung sejak 22 Agustus tersebut resmi ditutup 15 Oktober 2020 dengan raihan hampir 3.000 orang mengajukan KPR secara virtual dimana 40% adalah pembeli rumah pada kisaran harga Rp300 juta sd Rp600 juta.
Ilustrasi KPR BTN
Jakarta -

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) sedang mengembangkan digital banking untuk membangun digital ekosistem perumahan atau digital mortgage ecosystem. Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi secara digital.

Untuk pengembangan layanan digital tersebut BTN menggunakan sejumlah strategi, di antaranya menggandeng platform jual beli berbasis teknologi, penambahan fitur anyar pada aplikasi mobile banking hingga membangun aplikasi baru.

Wakil Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Nixon LP Napitupulu mengatakan, salah satu langkah strategi BTN lainnya terkait penyaluran KPR dalam membangun digital mortgage ecosystem adalah dengan bermitra dengan penyedia platfom jual beli rumah berbasis teknologi. Dalam hal ini Bank BTN diawali bermitra dengan Pinhome. Selain itu BTN juga aktif mengembangkan mobile banking, dan aplikasi BTN Properti dan Smart Residence.

"Bank BTN memang sudah memiliki BTN Properti sebagai platform jual beli rumah, pemasaran dan pengajuan KPR online, namun melalui kerja sama platform properti digital lain seperti Pinhome, diyakini akan terus memberikan peningkatan layanan dalam berbagai hal seperti halnya : pengajuan KPR, update stok properti, pre-kualifikasi KPR serta layanan pendukung seperti jasa rumah tangga yang dibutuhkan oleh pemilik properti," ujar Nixon di Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Nixon berharap dengan menggandeng pihak ketiga dapat meningkatkan penyaluran KPR Bank BTN, layanan operasional dan memperluas akses pengajuan KPR online, serta menambah kanal penjualan properti bagi developer yang bermitra.

"Hal tersebut menjadi bukti bahwa Bank BTN terus berinovasi dan juga secara bersamaan merangkul platform properti lainnya seperti Pinhome, Lamudi dan lain sebagainya untuk dapat maju bersama meningkatkan layanan di bidang properti," kata Nixon.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operation, IT and Digital Banking Bank BTN, Andi Nirwoto menuturkan, seiring dengan kebutuhan masyarakat akan kemudahan bertransaksi secara digital, BTN terus melahirkan inovasi dan solusi digital baru guna memanjakan para nasabah dan calon debiturnya. Salah satunya dengan pengembangan BTN Properti yang pengunjungnya mencapai 5,3 juta hingga 30 September 2021. "BTN properti saat ini didukung lebih dari 3.300 developer dengan jumlah unit yang terdaftar melampaui 750.000 unit dan raihan KPR mencapai Rp 750 miliar," paparnya.

Menurut Andi, melalui program digital mortgage-nya, Bank BTN melakukan launching revamp desain antar muka (UI/UX) aplikasi BTN Properti dengan memberikan tampilan baru yang lebih minimalis, segar, simple, user friendly dan mudah digunakan, serta juga lebih interaktif dan fitur pencarian yang lebih akurat dan relevan bagi masyarakat.

Andi menjelaskan bahwa revamp ini akan memberikan warna dan nafas baru pada BTN property, serta juga mengedepankan gaya komunikasi, kecepatan dan transparansi proses digital ala milenial. "Kami juga secara bertahap terus melakukan pengembangan fitur pada BTN Properti dalam rangka mewujudkan BTN Properti menjadi platform "One Stop Housing solution" milik Bank BTN sesuai dengan roadmap dan corporate planning Bank BTN sampai dengan tahun 2025 yaitu mengembangkan suatu ekosistem mortgage berbasis digital," kata Andi.

Lanjut halaman berikutnya.