Anggota Koperasi Mau Dapat KPR Subsidi? Begini Caranya

Dana Aditiasari - detikFinance
Rabu, 29 Des 2021 19:31 WIB
Sebuah keluarga kecil sedang meninjau rumah yang sedang dibangun memakai fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., di pinggiran Jakarta, Jumat (3/7). Di era New Normal, Bank BTN tetap memacu penyaluran kredit perumahan untuk membantu pemerintah dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional. Adapun, per 31 Mei 2020,  perseroan  sukses merealisaskan KPR FLPP untuk membiayai 46.798 unit atau setara dengan Rp 4,7 triliun.
Foto: dok. Bank BTN
Jakarta -

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) dan Kawan Lama Group melalui Koperasi Karyawan Kawan Lama Mandiri (KOPKARI) melakukan penandatanganan kerja sama penyediaan layanan dana dan fasilitas kredit konsumer untuk para anggota koperasi yang jumlahnya mencapai lebih dari 32.000 orang.

Direktur Consumer and Lending Bank BTN Hirwandi Gafar mengungkapkan, Bank BTN terus melakukan ekspansi untuk memperluas penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ataupun Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) yang ditargetkan tahun depan bisa tumbuh 10%. Untuk mencapai target tersebut, Bank BTN melakukan berbagai kerjasama salah satunya dengan menggandeng KOPKARI.

"Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan kemudahan kepada para anggota KOPKARI untuk bisa segera memiliki rumah idaman," ujar Hirwandi usai menyaksikan penandatangan kerjasama antara Bank BTN yang diwakili oleh Kepala Divisi NSLD Bank BTN Suryanti dan Kepala Divisi CRSD Bank BTN Nurwidi Purboyo dengan Ketua KOPKARI Rudy Prakoso di Jakarta, Selasa (28/12/2021).

Menurut Hirwandi, jumlah anggota KOPKARI yang mencapai lebih dari 32.000 orang merupakan potensi bisnis yang sangat besar bagi Bank BTN baik untuk penyaluran KPR atau KPA maupun untuk meraih dana murah.

"Kami berharap bisa melayani seluruh anggota KOPKARI yang belum memiliki rumah," jelasnya.

Lebih lanjut Hirwandi menuturkan, ruang lingkup kerjasama ini meliputi penyediaan layanan dana dan fasilitas kredit konsumer, pemberian suku bunga kredit yang kompetitif dan pembayaran angsuran kredit. Selain kerjasama ini, Bank BTN berharap akan ada kerjasama lainnya seperti layanan giro dan deposito.

"Kerjasama yang dilakukan adalah yang mendorong ekosistem perumahan yang menjadi fokus Bank BTN saat ini untuk mendukung Program Satu Juta Rumah," tambah Hirwandi.

Sementara itu, Human Capital Director Kawan Lama Group Sandra Hardjana menuturkan, keikutsertaan pihaknya dalam Home Ownership Program atau program KPR bersama Bank BTN merupakan salah satu bentuk komitmen Kawan Lama Group untuk terus menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi karyawannya.

"Program subsidi bunga kredit kepemilikan rumah serta subsidi uang muka ini dapat diikuti oleh karyawan Kawan Lama Group dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Harapannya, tentu dengan kehadiran program ini, agar karyawan kami dapat mewujudkan keinginan mereka untuk memiliki rumah sendiri," tutur Sandra.

(dna/zlf)