Sri Mulyani Jamin Duit APBN Mengalir buat Proyek Ibu Kota Baru RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 06 Jan 2022 22:49 WIB
Sri Mulyani: Pertamina Punya Tanggung Jawab Besar Jadi Pilar Zero Emissions
Foto: Dok. Istimewa: Menkeu Sri Mulyani Indrawati
Penajam Paser Utara -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah menyiapkan pembiayaan dari APBN untuk pembangunan ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur. Anggaran Belanja modal APBN bisa jadi opsinya.

Awalnya Sri Mulyani menjelaskan tahun 2022 ini APBN akan memiliki fokus utama untuk penanganan COVID-19 dan juga pemulihan ekonomi. Namun, pemerintah tetap mengalokasikan pembiayaan pembangunan ibu kota baru dalam APBN, khususnya untuk periode 2023-2024

"Dari sisi APBN 2023 fokusnya adalah pemulihan ekonomi dan konsolidasi APBN. APBN memang perlu dijaga hati-hati untuk memenuhi kebutuhan negara, yaitu penanganan COVID-19, pemulihan ekonomi, perlindungan sosial, dan mengantisipasi gejolak global" ujar Sri Mulyani dalam kunjungannya ke Jembatan Pulau Balang, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (6/1/2022).

"Di sisi lain ada juga prioritas nasional seperti pembangunan ibu kota negara. Ini akan dominasi dalam perancangan APBN 2022 ini dengan mengantisipasi pembangunan IKN dan utamanya untuk 2023 dan 2024. Termasuk di dalamnya untuk pelaksanaan pemilu," sambung mantan petinggi Bank Dunia itu.

Sri Mulyani menambahkan kebutuhan anggaran pembangunan ibu kota baru pada 2023 dan 2024 disesuaikan dengan rancangan APBN. Selain itu Pembiayaan ibu kota baru juga disesuaikan dengan kebutuhan pemulihan ekonomi dan penanganan COVID-19, termasuk untuk Pemilu.

"Untuk 2024, termasuk di dalamnya adalah kebutuhan pelaksanaan pemilu. Jadi seluruhnya diseimbangkan sehingga Insya Allah kami bisa mendukungnya," tutur Sri Mulyani.

(hal/hns)