d'House Hunter

Punya Posisi Strategis, Sawangan Cocok Buat Berburu Rumah!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 09 Jan 2022 09:44 WIB
dHouse Hunter Sawangan/Herdi Alif Alhikam
Foto: d'House Hunter Sawangan/Herdi Alif Alhikam
Jakarta -

Sawangan merupakan salah satu tempat yang cocok untuk mencari hunian. Letaknya yang strategis menjadi kelebihan utama kawasan yang berada di Kota Depok ini.

Secara administratif, Sawangan merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kota Depok. Sawangan sendiri letaknya berada di pinggir, berbatasan langsung dengan dua kota/kabupaten, yaitu Kota Tangerang Selatan, Banten dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Meski berada di pinggir, Sawangan tetap saja memiliki kelebihan yang strategis. Kawasan ini memang butuh waktu tempuh 1 jam lebih untuk sampai ke Jakarta, namun dengan adanya tol waktunya bisa makin singkat.

Tol yang dimaksud adalah jaringan tol Depok-Antasari, salah satu gerbang tolnya berada di tengah-tengah Sawangan. Ibaratnya, bagi orang Sawangan untuk masuk tol bagaikan terpeleset langsung sudah sampai.

Bukan cuma tol Depok-Antasari, Sawangan juga dekat dengan gerbang tol Pamulang. Kira-kira cuma 20 menit dari Sawangan menuju pintu masuk jaringan tol Serpong-Cinere tersebut.

Bila tak memiliki mobil untuk lewat tol pun jangan khawatir, beberapa sarana transportasi umum bisa dicapai dari Sawangan. Paling dekat adalah KRL Comuter Line, dengan stasiun paling dekat adalah Stasiun Citayam, kira-kira 20 menit saja dari Sawangan.

Selain Citayam, dari Sawangan juga bisa naik kereta Commuter Line dari Stasiun Depok ataupun Stasiun Depok Baru. Waktu tempuhnya sedikit lebih lama, sekitar 30 menitan.

Dari Sawangan bisa juga naik MRT Jakarta, namun tampaknya hal ini hanya cocok untuk yang tinggal di Kelurahan Cinangka, wilayah Sawangan yang berbatasan langsung dengan Tangerang Selatan. Dari tempat itu untuk menuju MRT Lebak Bulus butuh waktu 30 menitan.

Lanjutkan membaca -->