Digandrungi Orang AS, Ini Untung Rugi Rumah Kayu Vs Batu

ADVERTISEMENT

Digandrungi Orang AS, Ini Untung Rugi Rumah Kayu Vs Batu

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 10 Jan 2022 17:30 WIB
Studio arsitek Swiss berhasil menyulap sebuah lumbung tua berusia menjadi rumah keluarga yang sangat nyaman. Sebelumnya lumbung ini sudah berdiri sejak 1920.
Foto: Istimewa/Lucy Wang/Inhabitat.
Jakarta -

Rumah yang terbuat dari kayu ataupun bata masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihan tersebut tentu harus dipertimbangkan sebaik mungkin untuk mendapatkan hunian terbaik.

Mari kita simak apa saja kelebihan membeli atau membangun rumah kayu disadur dari Homely Ville, seperti berikut ini:

1. Rumah Kayu Cepat dan Mudah Dibangun

Dibandingkan dengan jenis rumah lainnya, rumah kayu secara drastis lebih mudah dan lebih cepat untuk dibangun. Pertama, kayu adalah bahan yang lebih ringan daripada batu bata sehingga lebih mudah untuk diutak-atik.

Selain itu saat membangun rumah kayu, Anda dapat memutuskan untuk menggunakan bingkai kayu prefabrikasi. Perusahaan konstruksi akan membuat bingkai terlebih dahulu dan kemudian memasangnya di lokasi untuk membangun rumah. Dalam hal ini, proses konstruksi akan berlangsung sangat cepat.

Selain itu, proses pengeringan lebih cepat dengan rumah kayu. Jadi, tukang seperti tukang plester dan tukang listrik dapat mulai mengerjakan rumah lebih cepat dibandingkan dengan konstruksi rumah bata.

Hal hebat lainnya tentang membangun rumah kayu adalah konstruksinya tidak dibatasi oleh kondisi cuaca. Sementara proses konstruksi batu bata harus dihentikan jika suhu turun di bawah 2°C, rumah kayu dapat dibangun bahkan di bawah suhu yang sangat dingin.

2. Kayu Hemat Biaya

Karena konstruksinya tidak bertahan lama, biaya pemasangan dan tenaga kerja jauh lebih rendah dibandingkan dengan rumah bata. Jadi, pembangunan rumah kayu sangat terjangkau. Selain itu, kayu itu sendiri jauh lebih murah daripada bahan bangunan lainnya dan cukup mudah didapatkan.

3. Rumah Kayu Hemat Energi

Bangunan yang terbuat dari kayu tetap cukup hangat bahkan selama malam terdingin. Oleh karena itu, efisiensi energinya luar biasa, terutama jika dibandingkan dengan rumah yang terbuat dari bahan seperti baja dan beton.

Selain sebagai pendingin ruangan alami, kayu juga memiliki kemampuan menyerap kelembapan. Terakhir, dinding kayu melindungi kebisingan.

4. Rumah Kayu Fleksibel

Kayu adalah salah satu bahan bangunan yang paling fleksibel sehingga dapat diubah ukurannya, direnovasi, dan dipotong dengan mudah. Anda akan memiliki semua kebebasan yang Anda butuhkan saat memilih tata letak yang sempurna untuk rumah Anda.

5. Rumah Terbuat dari Kayu Nyaman dan Berkelanjutan

Rumah kayu aman dan sehat, baik untuk Anda maupun lingkungan. Faktanya, kayu merupakan satu-satunya bahan bangunan yang berkelanjutan dan terbarukan. Sementara membangun rumah dengan baja dan beton menyebabkan produksi bahan bakar fosil, emisi gas rumah kaca, dan polusi udara dan air, rumah kayu akan mengurangi jejak karbon Anda.

Lalu apa saja kekurangan rumah kayu? Buka halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT