Digandrungi Orang AS, Ini Untung Rugi Rumah Kayu Vs Batu

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 10 Jan 2022 17:30 WIB
Studio arsitek Swiss berhasil menyulap sebuah lumbung tua berusia menjadi rumah keluarga yang sangat nyaman. Sebelumnya lumbung ini sudah berdiri sejak 1920.
Foto: Istimewa/Lucy Wang/Inhabitat.

1. Rumah dari Bata Mahal

Meskipun ini merupakan keuntungan dari sudut penjual, jika Anda ingin membeli atau membangun rumah bata, Anda harus siap menginvestasikan lebih banyak uang. Batu bata berkualitas tinggi tidak mudah diperoleh dan jauh lebih mahal daripada kayu.

2. Batu Bata Tidak Ideal untuk Lokasi Tertentu

Dalam banyak hal, batu bata lebih tahan daripada kayu. Namun, mereka masih rentan terhadap kerusakan dalam keadaan tertentu. Tidak seperti kayu, kayu dapat rusak parah akibat gempa bumi. Selain itu, akumulasi lumpur dan erosi adalah musuh terbesar rumah bata. Jadi, jika Anda ingin membangun atau membeli rumah di lembah, rumah kayu akan menjadi pilihan yang lebih aman.

3. Bahan Berkualitas Rendah Dapat Menyebabkan Pembusukan

Kebanyakan orang akan senang jika menemukan rumah bata dengan harga murah. Namun, Anda harus ingat bahwa rumah seperti itu biasanya dibangun menggunakan bahan berkualitas rendah. Beberapa pembangun menggunakan batu bata bermutu rendah, seperti batu bata daur ulang dan klinker, untuk menjual rumah lebih cepat dengan harga lebih murah. Namun, batu bata seperti itu bisa rusak dengan mudah.

Terlebih lagi, batu bata berkualitas rendah biasanya memiliki pori-pori yang menarik jamur . Begitu air dan es masuk ke pori-pori ini, batu bata akan rusak. Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk membeli rumah batu bata, pastikan rumah tersebut terbuat dari batu bata berkualitas tinggi sebelum melakukan pembelian.

Lalu kenapa orang Amerika lebih memilih rumah yang terbuat dari kayu?

Rumah kayu maupun bata memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, rumah kayu lebih umum di AS. Sementara rumah bata tangguh dan dapat bertahan selama berabad-abad, kebanyakan orang lebih menyukai kesederhanaan dan fleksibilitas yang ditawarkan kayu. Selain itu, rumah kayu tahan gempa dan erosi jauh lebih baik. Tentu saja, fakta bahwa rumah kayu lebih terjangkau dan lebih cepat dibangun adalah sumber utama popularitas kayu lainnya.

Jadi, jika Anda tinggal di daerah yang rawan badai dan angin puting beliung, rumah bata akan menjadi pilihan teraman Anda. Namun, jika bencana alam tidak begitu umum, pertimbangkan untuk membangun rumah kayu. Ini hemat biaya, hemat energi, dan Anda akan memiliki banyak pilihan desain.


(toy/dna)