Nggak Tanggung-tanggung, Ibu Kota Baru RI Bakal Nongol di Metaverse

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 13 Jan 2022 17:22 WIB
Infografis Jadwal Pindah Ibu Kota
Foto: Infografis detikcom/M Fakhry Arrizal
Jakarta -

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan ibu kota negara (IKN) baru Indonesia bakal dikenalkan di dunia metaverse. Dia bilang pihaknya sedang menyiapkan desain dan bentuk IKN untuk dipamerkan.

Menurutnya, persiapan desain dan bentuk IKN ini bakal dipamerkan 4 bulan lagi di dunia metaverse. Dengan begitu, rencana ibu kota baru bakal lebih nyata saat diperkenalkan ke masyarakat.

"Kami juga sedang siapkan ibu kota negara itu dalam bentuk metaverse. Mudah-mudahan dalam 4 bulan ini kami di Bappenas bisa tunjukan ibu kota negara itu kalau jadi itu seperti ini. Jadi tidak lagi dalam bentuk maket atau hologram," ungkap Suharso dalam rapat Pansus IKN DPR, yang disiarkan virtual, Kamis (13/1/2022).

"Ini dikerjasamakan dan mudah-mudahan 4 bulan bisa kita lihat," ujarnya.

Di sisi lain, Suharso menyinggung pengalaman perkembangan kota-kota besar di Indonesia yang justru jadi tak berbentuk. Menurutnya, hal itu terjadi karena masterplan atau rencana induk yang kurang aplikatif.

"Dengan pengalaman Jakarta dan kota lain yang punya masterplan hebat-hebat tapi senantiasa perkembangannya di luar jalur masterplan. Ini justru membuat kota itu jadi tidak berbentuk," papar Suharso.

Dengan desain dalam bentuk metaverse yang lebih nyata bentuknya akan lebih mudah diaplikasikan. Dia juga mengatakan ilmu arsitektur urban juga sangat penting, sehingga IKN akan menjadi kota yang indah.

"Maka urban arsitektur penting di sini. Kita mau kota cantik indah dan jelas judulnya. Bukan lagi kota tanpa judul," pungkas Suharso.

(hal/dna)