Dibisiki Menteri Jokowi, Dahlan Iskan: Nama Nusantara Sesuai Petunjuk Langit

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 21 Jan 2022 10:26 WIB
Dahlan Iskan
Dahlan Iskan/Foto: Tangkapan layar
Jakarta -

Dahlan Iskan mengorek informasi seputar penamaan Nusantara pada ibu kota negara (IKN) baru Indonesia. Dia sampai menghubungi salah seorang menteri yang tak dia sebutkan namanya.

Eks Menteri BUMN itu pun penasaran apakah nama Nusantara dipilih setelah meminta petunjuk dari langit.

"Bagaimana dengan primbon dari klenik Jawa? Bukankah Pak Jokowi orang Solo -yang bisa bertanya pada langit dengan cara Jawa?" tulis Dahlan dalam catatannya di Disway.id dikutip detikcom, Jumat (21/1/2022).

Dari menteri yang dihubungi, Dahlan diberitahu bahwa nama Nusantara untuk IKN di Kalimantan Timur (Kaltim) sudah sesuai petunjuk langit. "Nama Nusantara itu sudah sesuai dengan petunjuk langit," tutur seorang menteri yang dihubungi Dahlan.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pun menyepakati nama Nusantara untuk IKN pada 18 Januari 2022. Di hari yang sama DPR RI resmi menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi UU.

Jadi, menurut Dahlan jika nanti akan berulang tahun, mestinya HUT Kota Nusantara jatuh setiap 18 Januari.

"Tentu hari Nusantara dilahirkan pun sudah dimintakan pertanda dari langit. Dipilihlah hari itu: Selasa Wage. Selasa = 3. Wage = 4. Dijumlah: 7. Angka yang sangat kecil untuk itungan Jawa," ujar Dahlan.

Lanjut halaman berikutnya.