Anak Usaha BUMN Kebut Pengembangan TOD di Sentul

Dana Aditiasari - detikFinance
Selasa, 01 Feb 2022 21:09 WIB
Pengembangan Kawasan TOD di Sentul
Foto: Pengembangan Kawasan TOD di Sentul (Istimewa)
Jakarta -

Industri properti terus mencoba bangkit setelah lama tertekan ganasnya pandemi virus Corona. Anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP) misalnya, terus melanjutkan pengembangan kawasan hunian di kawasan Sentul berkonsep transit eriented development (TOD) yang bakal terintegrasi dengan salah satu tasiun LRT Jabodebek.

Berdiri di atas lahan seluas 120 hektare proyek yang dikembangkan dengan konsep integrated future city itu diberi nama Adhi City Sentul. Teranyar, ada cluster baru yang tengah dikembangkan yang berupa kawasan pemukiman rumah tapak yang diberi nama Bumi Svarga.

Dalam pengembangan kawasan ini dilakukan dengan pendekatan work-life-play balance, keseimbangan kehidupan dengan akses mumpuni ke pusat-pusat kegiatan di Jabodetabek serta adaptasi konsep walkable dan bike-friendly dalam pengembangan Transit Oriented Development melalui bike nest, dedicated bike lane, serta organic walkways.

Ini dilakukan sebagai strategi menggaet konsumen seiring dengan perubahan gaya hidup imbas pandemi virus Corona yang telah meningkatkan ksadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehetan.

Adhi City Sentul yang merupakan pengembangan kota baru dikombinasikan dengan konsep Natural Living dan Mixed-use Development juga menghadirkan fasilitas cluster perumahan tapak dan low-rise vertical, pusat bisnis dan finansial, fasilitas sosial, leisure yang dekat dengan alam serta infrastruktur transportasi massal yang terintegrasi dengan rencana Stasiun LRT Sentul di tahap pembangunan kedua LRT Jabodebek.

"Hadirnya Bhumi Svarga memberikan jawaban atas kebutuhan masyarakat termasuk peminat cluster pertama Bhumi Anvaya yang belum sempat mendapatkan hunian dapat menjadi opsi karena bisa merasakan kualitas udara alami namun tetap tersedia transportasi masal terintegrasi untuk memudahkan mobilitas penghuni," ujar Putu Praditya, Project Marketing Manager Adhi City Sentul.