ADVERTISEMENT

Cegah Lonjakan Tarif Hotel MotoGP Mandalika, Ini Jurus Pemerintah

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Rabu, 16 Feb 2022 10:40 WIB
Sejumlah pebalap kembali memacu kecepatan motor mereka di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Hari ini jadi hari terakhir gelaran tes pramusim MotoGP 2022.
Foto: ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Jakarta -

Pemerintah menyiapkan opsi untuk mengantisipasi lonjakan harga penginapan maupun transportasi seperti penyewaan kendaraan jelang dan selama gelaran MotoGP Mandalika 2022.

Salah satunya adalah akan dikeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menetapkan ambang batas dengan pengaturan zona, yakni zona utama, zona satu, dan zona penyangga.

"Akan dikeluarkan Pergub NTB untuk memberikan ambang batas biaya kamar per malam dan biaya transportasi," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/02/2022).

Selain itu, pihaknya juga menambah akomodasi, diantaranya penyediaan hotel terapung yang berkolaborasi dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia/PELNI (Persero) dan Pelindo, operator kapal pesiar, operator kapal phinisi, pemanfaatan hunian yang layak di sekitar Mandalika, dan balai-balai pelatihan milik kementerian/lembaga.

"Penyiapan camping ground (CG) bekerja sama dengan operator seperti Eiger dan BoboBox, serta opsi akomodasi di Bali," ujar Sandi.

Rencananya, untuk CG akan dibangun di Zona Barat dan Timur Mandalika oleh pemerintah yang saat tengah mematangkan konsep penempatannya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan melakukan koordinasi dengan Pemperintah Provinsi NTB dan pihak-pihak terkait seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk memetakkan sebaran akodomasi di daerah tersebut.

Pemetaan ini termasuk meninjau tingkat okupansi guna mengantisipasi lonjakan kebutuhan kamar hotel, homestay, dan sarana hunian pariwisata (sarhunta).

Pada kesempatan tersebut, Sandi juga mengungkapkan jika tingkat keterisian hotel di sekitar lokasi ajang balapan MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, NTB per 15 Februari 2022 telah penuh.

Sementara di luar kawasan Mandalika, masih bervariasi dengan rata-rata mencapai 50 persen, sehingga masih tersedia kamar bagi masyarakat yang hendak datang menonton atau sekedar berwisata merasakan nuansa balapan MotoGP Mandalika 2022.

Sandi mengatakan Kemenparekraf selalu melakukan pantauan terkait hal ini, khususnya pembaruan data rutin yang dilakukan Dinas Pariwisata NTB. "Di tiga Gili (Gili Trawangan, Gilir Air, dan Gili Meno) pun tersedia sekitar 5.600-an kamar dan masih banyak kamar yang belum dipesan untuk event MotoGP," ucapnya.



Simak Video "Warga Serbu Bukit Tonton Langsung MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT