Belum Sanggup Beli Rumah? Bisa Sewa Dulu, Beli Kemudian

ADVERTISEMENT

Belum Sanggup Beli Rumah? Bisa Sewa Dulu, Beli Kemudian

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 22 Feb 2022 13:30 WIB
Daftar KPR Bank Nasional
Tips Miliki Rumah buat yang Belum Sanggup Beli (Denny Pratama/detikcom)
Jakarta -

Konsumen akan semakin mudah untuk memiliki rumah dengan berbagai skema. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) sekarang sedang mengkaji skema pembiayaan sewa beli atau rent to own.

Wakil Direktur Utama BTN NixoN LP Napitupulu mengungkapkan nantinya konsumen bisa menikmati dulu tempat tinggal yang dimiliki sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

"Ini pasarnya ada, terutama bagi para milenial yang senangnya enggak terikat di satu spot, jadi mungkin sewa dulu. Di tahun ke-5 sudah betah, cocok, lalu bisa memutuskan untuk memiliki. Jadi kita buat program rent to own," kata Nixon, dalam keterangannya ditulis Selasa (22/2/2022).

Skema ini diharapkan bisa menyelesaikan masalah berlebihnya pasokan hunian seperti apartemen. Nixon menyebutkan skema ini ditargetkan bisa meluncur tahun ini setelah kajian skema pembelian dan angsuran pembayaran kredit selesai.

Dia menyebutkan, skema ini lebih cocok dipasarkan dengan BTN Syariah dengan menggunakan akad Ijarah Muntahiyah Bit Tamlik (IMBT). Menurut bahasa, IMBT berasal dari dua kata yaitu al ijarah yang berarti sewa dan al-tamlik yang berarti kepemilikan. Dengan kata lain IMBT berarti akad sewa menyewa yang di kemudian hari berubah menjadi hak milik.

Ketentuan teknis akad Ijarah Muntahiyah Bit Tamlik diatur dalam Fatwa DSN No.27/DSN-MUI/III/2002. Dengan adanya DSN MUI mengenai akad ini, maka menggunakan akad IMBT dalam penyaluran dana oleh Lembaga Keuangan Syariah (LKS) merupakan hal yang legal dan boleh dilakukan.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT