Dhony Rahajoe dari BSD ke IKN Nusantara, Ini Sederet Faktanya

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 11 Mar 2022 08:00 WIB
Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe
Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe/Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

BSD City tak cuma jadi kota percontohan bagi pemerintah untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim). Tak tanggung-tanggung, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengajak orang penting di balik BSD City, yaitu Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe untuk menjadi Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara.

1. Berawal dari Kunjungan Jokowi ke BSD

Dhony Rahajoe mengungkapkan cerita di balik keputusan Jokowi menunjuk dirinya sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Dia dibidik untuk memimpin IKN bermula dari kunjungan Jokowi ke BSD City dalam rangka melakukan studi banding pembangunan ibu kota baru.

Dalam siaran pers di Sinar Mas Land di situs resminya, diketahui Jokowi melakukan kunjungan kerja ke BSD City pada 24 Desember 2021 lalu.

"Saya dihubungi oleh Pak Pratikno (Menteri Sekretaris Negara) seminggu setelah kunjungan Presiden ke tempat pengembangan pusat pertumbuhan baru di BSD. Setelah itu cukup panjang diskusi, bagaimana dimintai pendapat-pendapat," kata Dhony dalam pernyataan pers pasca pelantikan, dikutip dari saluran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (10/3/2022).

Namun, baru kemarin Rabu lah ada perintah bahwa dia diminta untuk membantu mensukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara.

2. Momen Jokowi Studi Banding ke BSD

Dalam siaran pers di Sinar Mas Land pada 24 Desember 2021 lalu Jokowi mengunjungi Kawasan Green Office Park (GOP) di BSD City.

Jokowi juga mendapatkan penjelasan langsung dari Dhony tentang pengembangan kawasan BSD City melalui layar multimedia dan maket kota. Kemudian dilanjutkan peninjauan lingkungan GOP, dan mengunjungi ruang command center di Gedung Sinar Mas Land Plaza untuk melihat bagaimana kondisi traffic dan keamanan wilayah BSD City dapat dipantau di command center.

Simak video 'Wakil Kepala Otorita IKN Beberkan Kisah di Balik Penunjukan Dirinya':

[Gambas:Video 20detik]



Dhony mundur dari Sinar Mas. Berlanjut ke halaman berikutnya.