ADB Mau Bantu RI Bangun Ibu Kota Baru

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 20 Mar 2022 11:30 WIB
Apa Itu IKN Nusantara? Pengertian dan Tujuannya untuk Indonesia
Foto: Istana Negara di Ibu Kota Baru (Dok. Instagram Nyoman Nuarta)
Jakarta -

Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) menyatakan kesediaannya membantu Indonesia membangun Ibu Kota Negara (IKN) baru bernama Nusantara.

"ADB siap membantu untuk merencanakan relokasi bersejarah ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Nusantara," kata Wakil Presiden ADB Ahmed M. Saeed dalam keterangan tertulis dikutip detikcom, Minggu (20/3/2022).

Lembaga multilateral itu siap membantu Indonesia mewujudkan ibu kota baru sebagai kota yang inklusif dan netral karbon. Bantuan berupa perancangan, mengkaji potensi dampak lingkungan dan sosialnya, serta menggalang pembiayaan dari sumber pemerintah dan sektor swasta.

Menurut Saeed, membangun sebuah kota yang sama sekali baru membuka peluang unik untuk menerapkan kajian dan pengalaman terkini, mulai dari hal-hal yang dapat membuat kota menjadi menyenangkan serta efisien untuk bekerja, tempat tinggal, dan rekreasi.

"ADB akan membagikan pembelajaran Internasional yang kami miliki untuk mendukung Otorita IKN Nusantara mendesain dan mendanai pembangunan ibu kota baru," ucap Saeed.

Sebagai langkah pertama, ADB mendukung upaya Otorita IKN Nusantara dalam menyelenggarakan konferensi Internasional untuk mempelajari bagaimana negara-negara lain melaksanakan pembangunan kota yang netral karbon dan inklusif.

Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono menyebut ada banyak pengalaman di tempat lain dalam menciptakan kota yang inklusif dan netral karbon. Pihaknya menanti kerja sama dengan ADB agar dapat memahami pengalaman tersebut dan memanfaatkan pembelajaran yang sudah diperoleh.

"Kami berterima kasih atas dukungan ADB dan hal ini sejalan dengan upaya kami memulai pembangunan Nusantara," tandas Bambang.



Simak Video "Sri Mulyani: Sebentar Lagi Harga Tanah di Ibu Kota Baru Bakal Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)