Tipe-tipe Rumah Berdasarkan Luas Bangunan

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 22 Mar 2022 19:30 WIB
Harga rumah secara nasional terus menunjukkan peningkatan mencapai 5,24% secara tahunan (year-on-year/yoy) per Maret 2021 sejalan dengan peningkatan permintaan hunian di masa pandemi. Hasil riset Housing Finance Center (HFC) milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menunjukkan kenaikan harga rumah tersebut ditopang oleh pertumbuhan signifikan pada hunian tipe 70.
Tipe Rumah/Foto: dok. BTN
Jakarta -

Sebelum membeli rumah, ada baiknya bila kamu terlebih dahulu telah memahami tentang tipe-tipe rumah berdasarkan luas bangunan. Adapun tipe-tipe ini merupakan jenis hunian yang biasanya tersedia di pasar properti.

Hal ini tentunya dapat memudahkan kamu untuk mencari hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan modal yang tersedia.

Tipe hunian biasanya dibedakan berdasarkan sejumlah hal. Ada yang dibedakan berdasarkan jenis bangunan, seperti rumah tapak, ruko, apartemen, rumah susun, dan sebagainya. Lalu ada yang dibedakan berdasarkan desainnya, serta ada yang berdasarkan ukuran luas bangunannya.

Berbicara mengenai tipe hunian untuk rumah tapak berdasarkan ukurannya, umumnya developer membedakannya ke dalam 6 tipe, yakni tipe 21, 36, 45, 54, 60, dan 70. Keenam tipe tersebut adalah yang umum didesain untuk rumah modern minimalis.

Berikut tipe-tipe rumah berdasarkan luas bangunannya:

Tipe 21
Rumah tipe 21 termasuk kecil sebab luas bangunannya hanya 21 meter persegi. Dimensi untuk rumah tipe 21 umumnya 3 x 7 meter, 5,25 x 4 meter, dan 6 x 3,5 meter.

Tipe 36
Rumah tipe 36 pas untuk keluarga kecil yang baru menikah. Rumah tipe ini biasanya dilengkapi 1 hingga 2 kamar tidur dengan dimensi 6 x 6 meter, 9 x 4 meter dan sebagainya.

Tipe 45
Rumah tipe 45 paling banyak dicari oleh orang Indonesia karena ukurannya yang cukup luas dan harganya cukup terjangkau. Dimensi standar untuk rumah ini yakni 6 x 7,5 meter.

Tipe 54
Rumah tipe 54 biasanya dihuni oleh masyarakat menengah ke atas. Rumah tipe ini umumnya memiliki 3 kamar tidur dengan dimensi 9 x 6 meter dan 13,5 x 4 meter.

Tipe 60
Rumah tipe 60 bisa didesain dengan cukup lapang untuk setiap ruangannya. Dengan luas 60 meter persegi, penghuni bisa mengeksplorasi tiap ruang yang tersedia.

Tipe 70
Rumah tipe 70 dengan luas bangunan 70 meter persegi, telah menawarkan kenyamanan dan kelegaan bagi penghuninya. Rumah sudah sangat besar sehingga cukup untuk Anda huni bersama anak-anak dan orang tua. Desainnya bisa untuk 1 atau 2 lantai.

Perlu diingat bahwa untuk besaran harga tipe-tipe rumah berdasarkan luas bangunannya ini sangat beragam, tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi, usia bangunan, dsb.

(fdl/fdl)