Jurus Peruri Sulap Aset Nganggur Bisa Cetak Cuan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 15 Apr 2022 18:14 WIB
Bola beton atau lebih dikenal dengan nama bollard, menghiasi jalur pedestrian Cakra Selaras Wahana (CSW), Jakarta selatan, Kamis (12/08/2021).
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Berbagai upaya dilakukan Perum Peruri untuk mengoptimalkan aset. Salah satunya dengan mengembangkan M Block Space di Kebayoran Baru Jakarta Selatan, dan Kreo Creative Lot di kawasan Kreo, Kota Tangerang melalui anak usahanya PT Peruri Properti (Pepro).

Dikutip dari keterangan resminya, Jumat (15/4/2022), Peruri Properti membangun kedua kawasan tersebut untuk memberikan solusi terhadap kurangnya ruang publik atau sosial bagi anak muda yang berada di wilayah ibu kota dan sekitarnya.

Ruang publik dibangun dengan konsep menghadirkan kolaborasi produk kreatif dan brand lokal yang bergerak di bidang musik, fashion, kuliner, sport ekstrim serta bentuk kegiatan lainnya melalui kolaborasi dengan beberapa komunitas.

Berawal dari semangat untuk menghidupkan kembali romantisme Kawasan Blok M sebagai tempat hangout hits anak muda di Jakarta Selatan, Peruri Properti melakukan revitalisasi dan mentransformasi bekas rumah dinas Peruri yang terletak di Jalan Sultan Hasanudin, Kebayoran Baru dan mengubahnya melalui kolaborasi dengan mitra komunitas kreatif menjadi M Bloc Space, sebuah creative hub untuk mewadahi ruang kreatif bagi kaum muda urban serta kaum milenial Ibukota.

Berbekal semangat yang sama, Pepro mengembangkan aset Peruri yang idle di kawasan Kreo, Kota Tangerang dan mengubahnya menjadi kawasan kreatif bagi kaum urban di Kota Tangerang dan sekitarnya.

Lebih lanjut, beberapa rencana pengembangan M Bloc Space dan Kreo Creative juga telah disiapkan di antaranya pembenahan/renovasi fisik untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat, mengingat jumlah pengunjung semakin meningkat setiap bulannya. Selain itu, juga akan menambah brand-brand baru sebagai bentuk penyegaran dan memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha lokal lainnya.

Pada 2022, M Bloc Space akan fokus mengaktifkan kembali program M Bloc Academy (MBA) sebagai salah satu bentuk konkret dalam penyebaran ilmu praktis bagi dunia industri kreatif. Salah satu program MBA yang baru saja terlaksana adalah penyelenggaraan workshop yang bekerja sama dengan KOFICE, Badan Ekonomi Kreatif dari Korea.

Saat ini program MBA dalam tahap penjajakan kerja sama dengan berbagai institusi atau komunitas kreatif agar M Bloc Academy dapat memberi keragaman topik atau tema yang bermanfaat untuk kaum muda ke depannya serta berjalan optimal.

"Peruri bersama dengan Peruri Properti dan seluruh mitra kerja telah merancang beberapa program kreatif yang menarik hingga akhir tahun misalnya seperti pertunjukan musik, pameran seni, seminar/workshop hingga kolaborasi-kolaborasi lainnya dengan pegiat seni dan UMKM lokal. Kegiatan-kegiatan ini selaras dengan tujuan perusahaan untuk membangkitkan pelaku UMKM dan pengusaha lokal serta memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat," kata Head of Corporate Secretary Peruri, Adi Sunardi.

(acd/dna)