Ini 6 Penyebab Teknologi Perekat Anti Bocor Gagal, Hati-Hati!

Sponsored - detikFinance
Kamis, 12 Mei 2022 20:58 WIB
Mapei Indonesia
Foto: dok. Mapei Indonesia
Jakarta -

Anti bocor atau waterproofing merupakan produk yang wajib ada dalam sebuah bangunan. Tapi, pernahkah Anda mengalami kebocoran meskipun sudah menggunakan pelapis atau waterproofing?

Kegagalan waterproofing mungkin saja terjadi apabila produk waterproofing kurang baik, tidak sesuainya jenis waterproofing dengan kebutuhan, maupun dari segi pengerjaannya yang tidak maksimal.

Anti bocor yang gagal menahan air dan menyebabkan kebocoran dapat disebabkan oleh kesalahan-kesalahan berikut ini:

1. Permukaan Material Tidak Bersih

Sebelum pengerjaan waterproofing, permukaan harus dibersihkan dari minyak, debu, kotoran, jamur, dan residu lainnya yang dapat mengurangi daya rekat produk waterproofing.

Penting untuk diingat produk anti bocor atau waterproofing akan mudah rusak dan gagal apabila permukaan material yang akan dikerjakan tidak dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini terjadi karena produk waterproofing tidak dapat merekat dengan sempurna.

2. Bagian yang Retak Belum Diperbaiki

Kegagalan waterproofing juga dapat disebabkan apabila retakan dan kerusakan material tidak diperbaiki terlebih dahulu. Air dapat masuk melalui celah-celah pada kerusakan tersebut sehingga meningkatkan resiko kegagalan anti bocor.

Terdapat produk-produk waterproofing yang bersifat elastis sehingga dapat menambal retakan material sekaligus memberikan perlindungan anti air. Namun, alangkah baiknya untuk memperbaiki bagian yang retak dan rusak terlebih dahulu untuk hasil waterproofing yang maksimal.

3. Pencampuran Bahan Tidak Tepat

Salah satu kesalahan paling umum yang dapat menyebabkan kegagalan anti bocor adalah kesalahan dalam pencampuran bahan. Pencampuran bahan yang tidak tepat akan merusak konsistensi produk waterproofing.

Produk waterproofing memiliki takaran pencampurannya masing-masing dan pasti menyediakan instruksi pencampuran bahan. Tukang bangunan seringkali tidak mengikuti petunjuk pencampuran sehingga dapat merusak produk waterproofing. Untuk itu, gunakan produk waterproofing terbaik dari Mapei yang siap pakai tanpa perlu dicampur bahan lain dan juga gunakan jasa ahli dalam pengerjaan.

4. Kesalahan Penyimpanan Produk Waterproofing

Untuk menjaga kualitas produk waterproofing, penyimpanan produk harus mengikuti petunjuk penyimpanan yang telah disediakan oleh masing-masing produk. Hindari penyimpanan di suhu yang terlalu panas atau dingin, terkena sinar matahari langsung, dan disimpan di tempat terbuka.

Penyimpanan produk tentu akan memengaruhi kualitas produk waterproofing. Jika penyimpanan dilakukan dengan buruk, waterproofing dapat gagal karena kualitas produk rusak maupun sobek.

5. Kesalahan Pengerjaan

Pengerjaan waterproofing sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli untuk menghindari kesalahan pengerjaan yang menyebabkan kegagalan anti bocor. Khususnya untuk pengerjaan dengan peralatan khusus seperti jenis waterproofing bitumen membrane, harus menggunakan jasa tenaga ahli agar pemasangan waterproofing menjadi maksimal.

Nah, pengerjaan dengan tenaga ahli yang baik juga harus didukung dengan produk waterproofing terbaik agar memberikan perlindungan anti bocor kualitas terbaik bagi bangunan Anda.

6. Jenis Waterproofing Tidak Sesuai

Waterproofing yang tepat adalah yang bekerja maksimal sesuai kebutuhan bangunan Anda. Untuk itu, perhatikan jenis dan kegunaan masing-masing waterproofing agar dapat berfungsi maksimal tanpa resiko gagal.

"Pemilihan jenis waterproofing harus disertai dengan proses pemasangan yang benar untuk mencapai hasil terbaik. Berlaku bukan hanya pada tahap perbaikan kebocoran, melainkan juga dari proses awal bangunan tersebut didirikan. Kedua hal ini akan menentukan ketahanan waterproofing yang terbaik," ujar Specification Engineer dari Mapei Indonesia Jeffry George.

Jika Anda memiliki kendala dalam memilih produk waterproofing yang tepat untuk bangunan Anda, Mapei Indonesia menyediakan konsultasi dan solusi untuk membantu Anda menemukan waterproofing terbaik.

Untuk menghindari kegagalan anti bocor, pastikan Anda menggunakan produk-produk waterproofing dengan kualitas yang tinggi dan berkonsultasi terlebih dahulu terkait penggunaan jenis yang sesuai dengan kebutuhan. Mapei Indonesia dapat menjadi solusi waterproofing terbaik untuk bangunan Anda.



Simak Video "Pasang Iklan Murah dan Mudah? Adsmart by detiknetwork Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/Mapei Indonesia)