Tak Laku-laku, Aset Tommy Soeharto Dilelang Ketiga Kali Bulan Depan

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 23 Mei 2022 15:28 WIB
Tommy Soeharto cek lahan proyek lapangan golf di Sentul
Tommy Soeharto/Foto: M.Sholihin/detikcom
Jakarta -

Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI) akan kembali melelang aset sitaan milik Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto untuk ketiga kalinya. Aset atas nama PT Timor Putra Nasional itu dilelang ulang karena tak ada peminat pada lelang sebelumnya.

Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi DJKN Kemenkeu, Purnama Sianturi mengatakan aset sitaan milik Tommy Soeharto akan dilelang ulang bulan depan.

"(Lelang aset Tommy Soeharto) sebulan lagi," kata Purnama di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (23/5/2022).

Purnama menjelaskan aset Tommy Soeharto akan dijual satu paket (terdiri dari empat bidang tanah) seperti pada kedua lelang sebelumnya. Terkait harga, nilai limitnya disebut bisa saja turun tetapi tak akan di bawah nilai likuidasi.

Jika pelelangan ketiga kalinya ini tak laku lagi, kata Purnama, penjualan empat aset Tommy Soeharto akan dilakukan secara terpisah.

"Di tahap awal masih jual satu paket, setelah itu apabila tidak terjual (lagi) akan kita jual pecah-pecah. Nilainya dilakukan penilaian ulang," tuturnya.

Terakhir nilai limit atau harga minimal barang aset Tommy Soeharto yang dilelang senilai Rp 2.151.000.000.000 (Rp 2,1 triliun), atau turun dari nilai lelang pertama yang sebesar Rp 2.425.000.000.000 (Rp 2,4 triliun). Begitu juga dengan besaran uang jaminan yang ditetapkan, dari sebelumnya Rp 1 triliun turun jadi Rp 430.200.000.000.

Aset Tommy Soeharto yang akan dilelang ulang:

a. Sebidang Tanah SHGB No.3/Kamojing luas 518.870 meter persegi atas nama PT Timor Industri Komponen terletak di Desa Kamojing
b. Sebidang Tanah SHGB No.4/Kamojing luas 530.125 meter persegi atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kamojing
c. Sebidang Tanah SHGB No 5/Cikampek Pusaka luas 100.985 meter persegi atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Cikampek Pusaka
d. Sebidang Tanah SHGB No. 22/Kalihurip luas 98.896 meter persegi atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kalihurip

(aid/ara)