Aset Tommy Soeharto Rp 2 T Tak Laku-laku, Mau Dilelang Ulang?

Anisa Indraini - detikFinance
Sabtu, 18 Jun 2022 09:45 WIB
Tommy Soeharto membuka multi grosir alias supermarket grosir di Cibubur. Putra dari Presiden ke-2 Indonesia Soeharto itu membuka supermarket bernama GORO.
Tommy Soeharto/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Lelang aset milik Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto yang disita terkait utang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) sudah dilakukan tiga kali. Sayangnya aset tersebut tak kunjung laku padahal harganya terus turun.

Demikian informasi yang disampaikan Direktur Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Tri Wahyuningsih.

"Mengingat sampai batas waktu yang ditentukan yakni selambat-lambatnya satu hari sebelum pelaksanaan lelang, tidak terdapat peserta lelang yang mendaftar dan menyetorkan uang jaminan, maka lelang eksekusi Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) yang dilakukan oleh Pejabat Lelang Kelas 1 KPKNL Purwakarta dinyatakan Tidak Ada Peminat (TAP)," ujarnya, Jumat (17/6/2022).

Sebagai informasi, jadwal lelang aset Tommy Soeharto yang ketiga kalinya dilakukan pada 17 Juni oleh KPKNL Purwakarta pukul 10.30 WIB. Hasilnya tidak ada peminat, seperti lelang sebelumnya pada 12 Januari dan 27 April 2022.

Nilai Aset Turun Terus

Ada empat aset Tommy Soeharto yang dilelang. Dalam lelang ketiga ini pemerintah sudah menurunkan nilai limit atau harga minimal barang jadi Rp 2,06 triliun, dari nilai lelang pertama yang sebesar Rp 2,425 triliun dan kedua Rp 2,15 triliun.

Begitu juga dengan besaran uang jaminan yang ditetapkan jadi Rp 420 miliar, dari yang sebelumnya pada lelang pertama Rp 1 triliun dan lelang kedua Rp 430,2 miliar.

Belum diketahui apa langkah selanjutnya yang akan dilakukan pemerintah terkait aset Tommy Soeharto, apakah akan dilakukan pelelangan untuk keempat kalinya atau diambil alih negara.

"Masih akan didalami lebih lanjut oleh Satgas (BLBI)," tutur Ani.

Aset Tommy Soeharto yang Tak Laku Dilelang

a. Sebidang Tanah SHGB No.3/Kamojing luas 518.870 m2 atas nama PT Timor Industri Komponen terletak di Desa Kamojing

b. Sebidang Tanah SHGB No.4/Kamojing luas 530.125,526 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kamojing

c. Sebidang Tanah SHGB No 5/Cikampek Pusaka luas 100.985,15 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Cikampek Pusaka

d. Sebidang Tanah SHGB No. 22/Kalihurip luas 98.896,700 m2 atas nama PT KIA Timor Motors terletak di Desa Kalihurip

(aid/ara)