Telkom Pamer Konsep Smart City IKN Nusantara di London, Ini Bocorannya

Ardan Chandra - detikFinance
Sabtu, 18 Jun 2022 09:15 WIB
Telkom Paparkan Smart City di Loncon
Telkom Pamer Konsep Smart City IKN Nusantara di London, Ini Bocorannya/Foto: Dok. Telkom
Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk ikut dalam London Tech Week, acara tahunan teknologi terbesar Inggris yang dihadiri oleh lebih dari 20 ribu peserta. Acara ini dihadiri pemimpin pemerintahan dan perusahaan global, perusahaan rintisan, investor, modal ventura hingga perusahaan teknologi.

Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid hadir memaparkan peran Telkom dalam mendukung terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan melalui solusi Smart City khususnya di Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid tersebut perwakilan dari Department for International Trade UK Government dan ARUP, perusahaan multinasional Inggris yang bergerak di bidang konstruksi, arsitektur, dan desain interior.

Fajrin menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara dengan potensi ekonomi digital yang sangat besar. Hal ini didukung dengan penggunaan internet di Indonesia yang tumbuh pesat bahkan menjadi tertinggi di Asia Tenggara.

"Transformasi digital menjadi komponen yang memainkan peran penting untuk pembangunan Indonesia yang berkelanjutan ke depannya. Digitalisasi Indonesia dapat mendorong peningkatan produktivitas nasional, membuka lebih banyak peluang kerja, menciptakan efisiensi dan layanan yang lebih baik, serta meningkatkan akses masyarakat untuk mendapatkan layanan terbaik," ungkap Fajrin dalam keterangannya, Sabtu (18/6/2022).

Lebih lanjut Fajrin memaparkan, Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi pelat merah mendukung penuh upaya pemerintah, khususnya dalam mendorong digitalisasi di berbagai aspek. Dengan infrastruktur yang andal dilengkapi produk dan layanan yang beragam, Telkom hadir menciptakan lingkungan digital, mengembangkan masyarakat digital dan mengakselerasi ekonomi digital melalui tiga domain yaitu connectivity, platform, dan services.

Salah satu dukungan digitalisasi yang diberikan Telkom tersebut adalah solusi Smart City untuk kota dan kabupaten di Indonesia, yang merupakan salah satu dari digital services yang dikembangkan. Smart City adalah solusi yang ditawarkan Telkom untuk mengakselerasi kota dan kabupaten menjadi kawasan yang cerdas dan modern.

Konsep smart city di IKN Nusantara di halaman berikutnya.