Tangsel Mau Jadi Smart City, Pengembang Bikin Rumah Pakai Teknologi Canggih

Tim Detikcom - detikFinance
Minggu, 19 Jun 2022 16:52 WIB
rumah syariah
Ilustrasi foto/Sylke Febrina Laucereno
Jakarta -

Pemerintah kota Tangerang Selatan (Tangsel) punya program mewujudkan kota Tangsel sebagai smart city. Pengembang perumahan pun bergairah membangun proyek smart home demi mewujudkan hal itu.

Pendiri sekaligus Komisaris Utama PT Nanotech Indonesia Global Tbk Nurul Taufiqu Rochman, Emiten berkode saham NANO itu menyiapkan sejumlah teknologi dan digital platform bagi masyarakat Tangsel.

"Kami siapkan teknologi dan platform digital yang bisa dimanfaatkan masyarakat dari tingkat desa hingga kota Tangsel," katanya.

Temuan nanoteknologi dan paten yang dimiliki NANO, tambah dia, dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah (pemda) guna mewujudkan smart city.

"Contohnya, kami punya paten untuk paving block berpori yang mampu menyerap air sehingga sudut-sudut kota tidak tergenang saat diguyur hujan," tutur Nurul.

Paving block tadi, jelas dia, dapat dimanfaatkan untuk jalur pedestrian, maupun di kawasan pemukiman maupun perumahan.

"Bahkan, kami juga punya teknologi smart home yang dapat dimanfaatkan oleh ASN Pemkot Tangsel maupun milenial di Tangsel. Pak Walikota Tangsel sudah berkunjung ke kami melihat teknologi temuan NANO," tutur Nurul.

Smart home tersebut, urai dia, di antaranya adalah teknologi pintu otomatis, surya panel, CCTV, dan USB. Selain itu, menggunakan smart material yang antara lain memanfaatkan cat anti nyamuk serta paving block berpori.

"Kami juga memiliki konsep smart design sehingga milenial bisa mendesain sendiri rumahnya. Harga rumahnya juga tidak mahal, terjangkau masyarakat karena tekonologinya kami buat sendiri," kata Nurul.

Menurut Nurul, teknologi lain yang dapat dikolaborasikan dengan Pemkot Tangsel adalah nano bubble untuk pembudidayaan ikan. Pemanfaatan nano bubble akan membuat panen ikan lebih baik.

"Selain itu, kami juga punya teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk kemasan produk makanan para UMKM di Tangsel. Teknologi ini memungkinkan makanan tahan lama sehingga bisa untuk pengiriman jarak jauh," ujar Nurul.



Simak Video "Pemkot Solo Gencarkan Digitalisasi Transaksi"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)