Kondisi Rumah Murah Cikarang: Dulu Diresmikan Jokowi Kini Banyak Ilalang

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Kamis, 23 Jun 2022 13:01 WIB
Kondisi Terkini Proyek Sejuta Rumah
Foto: Kondisi Terkini Proyek Sejuta Rumah (Kholida Qothrunnada/detikcom)
Jakarta -

Villa Kencana Cikarang merupakan salah satu proyek rumah murah yang disediakan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Lokasinya berada di Jalan Raya Pulo Sirih No. 84, Sukajadi, Sukakarya, Kabupaten Bekasi. Perumahan subsidi itu telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun 2017 yang lalu.

Lalu, bagaimana kondisinya sekarang di tahun 2022?

Untuk melihat kondisinya, detikcom sengaja meluncur menggunakan mobil, melalui jalan tol Jakarta-Cikampek. Dari Jakarta Selatan masuk tol Cawang, waktu tempuh yang dibutuhkan dengan menggunakan mobil sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi perumahan ini.

Sesampainya di Bekasi, detikcom keluar dari gerbang tol Cibitung. Lalu, melanjutkan perjalan sekitar 35 menit untuk sampai di lokasi perumahan itu. Sepanjang jalan menuju lokasi, beberapa jalan memang tidak terlalu lebar, dengan medan jalan yang lurus dan tak banyak belokan.

Berdasarkan pantauan detikcom, Kamis (23/6/2022), perumahan yang dikenal sebagai rumah murah Jokowi tersebut tampak sudah ramai dihuni. Akses jalan utama masuknya cukup lebar. Terlihat di sekitar jalan juga banyak para penjual dan beberapa gerai retail di sana.

Salah satu petugas marketing Villa Kencana Cikarang mengatakan bahwa, sejatinya seluruh rumah subsidi itu saat ini telah habis terjual.

"Rumah subsidi udah abis kejual semuanya. Udah nggak ada rumah subsidi. Udah dari 2018 kalau nggak salah. Rumah tahap 1 tahap 2 juga udah abis, " ungkap pihak marketing tersebut kepada detikcom, di kantor pemasaran perumahan itu Kamis (23/6/2022).

Namun, ketika ditelusuri lebih dalam ke area perumahan ternyata masih banyak rumah yang terlihat kosong tak berpenghuni di beberapa titik. Di Blok H misalnya, banyak rumah yang kondisinya sudah rusak dan tak terurus, bahkan ada juga yang tertutup tanaman liar.

Seperti diketahui, pembangunan Villa Kencana Cikarang sejatinya telah dimulai sejak 2016. Rumah disana memiliki tipe 25/60. Sebagai informasi, pada awal perlisanya kalangan MBR bisa memiliki rumah tapak dengan uang muka (down payment/DP) sekitar Rp 1,12 juta dan cicilan sekitar Rp 750-900 ribu per bulan. Untuk akses KPR, masyarakat cukup mengeluarkan DP sebesar 1% dan bunga cicilan 5% fixed hingga 20 tahun.

Simak juga Video: Ini Syarat Pengajuan KPR dengan BPJS Ketenagakerjaan

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)