ADVERTISEMENT

Heboh ABG-nya 'Invasi' Sudirman, Berapa Harga Tanah di Citayam dan Bojong Gede?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 21 Jul 2022 16:12 WIB
Kondisi jalanan di Cipayung, Depok, mengarah ke Stasiun Citayam (Dwi-detikcom)
Foto: Kondisi jalanan di Cipayung, Depok, mengarah ke Stasiun Citayam (Dwi-detikcom)
Jakarta -

Citayam dan Bojong Gede saat ini sedang ramai diperbincangkan karena ramainya anak muda yang fashion show di kawasan Sudirman.

Tahukah kamu Citayam adalah kawasan pinggiran Depok dan berbatasan dengan Kabupaten Bogor. Sedangkan Bojong Gede merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Berapa ya harga tanah di kedua wilayah tersebut?

Salah satu warga Citayam bernam Tyo mengungkapkan jika harga tanah di Citayam kini sudah di atas Rp 1 juta untuk daerah yang agak jauh dari jalan raya.

Dia menceritakan, membeli tanah untuk rumah yang dia tempati sekarang harganya sekitar Rp 450 ribu per meter.

"Waktu awal beli 4 tahun lalu Rp 450 ribu sekarang sudah di atas Rp 1 juta. Ini yang di dalam, kalau sudah arah stasiun itu bisa Rp 2 jutaan atau lebih," kata dia kepada detikcom, Kamis (21/7/2022).

Selanjutnya salah satu warga Citayam bernama Lia mengungkapkan jika memang harga tanah terus mengalami kenaikan baik yang dekat stasiun maupun di dalam perkampungan.

Hal ini menurut dia, karena Citayam masuk dalam salah satu wilayah penyangga Jakarta. Banyak orang yang bekerja di Jakarta membeli rumah di Citayam.

"Harganya itu sudah Rp 2 jutaan per meter, tapi tergantung lokasinya juga. Bisa dapat yang murah tapi masuk masuk ke dalam gang atau perkampungan," jelas dia.

Menurut Lia, jika ingin membeli tanah di Citayam jangan lupa untuk memeriksa atau cek secara detil terkait surat surat atau legalitas. Hal ini demi menghindari penipuan yang bisa merugikan calon pembeli.

Kemudian untuk wilayah Bojong Gede yang lokasinya dekat dengan angkutan umum, stasiun dan fasilitas umum lainnya bisa di kisaran Rp 3 jutaan.

Salah satu warga bernama Amin, menjelaskan memang untuk harga tanah ini tergantung dengan posisinya dan akses jalan. "Jadi tergantung strategis letak tanahnya, akses jalannya bagaimana. Kalau di pinggir jalan bisa untuk usaha, otomatis jadi lebih mahal," jelas dia.

Dia menyebutkan untuk 10 tahun yang lalu harga tanah bisa di bawah Rp 1 jutaan. Karna harga tanah di dekat fasilitas umum memang lebih cepat mengalami kenaikan.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT