ADVERTISEMENT

Rusun Dipakai Syuting Pengabdi Setan 2, Apa Itu Program 1.000 Tower Era SBY?

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 08 Agu 2022 11:00 WIB
Rusun mangkrak di kawasan Kalimalang, Bekasi, menjadi salah satu lokasi syuting film horor Pengabdi Setan 2: Communion. Begini suasana di rusun tersebut.
Foto: Shafira Cendra Arini
Jakarta -

Rumah susun sederhana milik (rusunami) 1.000 tower yang mangkrak di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) jadi lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion. Lokasi itu berada di belakang Pasar Sumber Arta, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Jawa Barat.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan rusunami 1.000 tower merupakan program yang digagas Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) yang saat ini menjadi Kementerian PUPR. Bangunan 15 lantai itu dibiarkan terbengkalai begitu saja selama belasan tahun.

"Rusun itu dibangun dalam rangka program 1.000 tower Kemenpera. Deputi Formal Kemenpera saat itu mendata untuk memberikan rekomendasi rusun mana saja yang bisa masuk ke dalam Program Rusunami 1.000 Tower," kata Endra kepada detikcom, dikutip Senin (8/8/2022).

Endra menjelaskan pembangunan proyek yang jadi lokasi syuting Pengabdi Setan 2 dimulai pada 2007 dan berhenti sejak 2009. Rusunami dimaksud diberi nama Rusun Kalimalang Residence, dengan pengembang swasta atau non-APBN.

"2009 ini masa kepemimpinan Menpera (Menteri Perumahan Rakyat) Yusuf Asy'ari. Saya tidak tahu persis sejak kapan mangkraknya, dugaan saya 2009 itu," ujar Endra.

Berdasarkan pemberitaan detikcom pada 2007, saat itu SBY meresmikan proyek rusunami 1.000 tower di 10 kota di Indonesia di mana pencanangannya dilakukan di Pulo Gebang, Jakarta Timur. Hal itu menandai dimulainya proyek serupa di 9 kota lainnya antara lain Surabaya, Semarang, Bandung, Medan, Padang, Palembang, Makassar dan Banjarmasin.

Proyek itu menelan dana sedikitnya Rp 50 triliun yang disiapkan pemerintah dan pihak swasta. Pembangunan proyek rusunami 1.000 tower direncanakan dilakukan selama 3 tahap.

Program 1.000 tower rusun dicanangkan sebagai program bersubsidi yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar memiliki hunian layak dengan harga terjangkau di pusat kota. Endra menjelaskan harga jualnya saat itu direncanakan sekitar Rp 144 juta per unit.

"Harga unit rusun menggunakan harga jual pemerintah, saat itu sekitar Rp 144 juta. Bebas PPN dan bisa kredit dengan FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan)," jelas Endra.

Simak video 'Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan 2 di Rusun Terbengkalai':

[Gambas:Video 20detik]



Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT