ADVERTISEMENT

Dana IKN Belum Cair, Sri Mulyani: Sedang Dihitung!

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 10 Agu 2022 18:15 WIB
Poster
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati belum mencairkan anggaran ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur ke Kementerian PUPR. Padahal direncanakan pembangunan awal dimulai Agustus 2022 ini.

Sri Mulyani mengatakan anggaran pembangunan awal IKN masih dihitung. Pihaknya mengaku telah membicarakannya dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono atas rencana pencairan yang diupayakan bisa dalam waktu dekat.

"Sudah dibahas sama Pak Basuki untuk 2022. Kita lihat kelengkapan dokumen dan kemampuan untuk menyelesaikan sampai Desember, nanti kita akan hitung bersama Pak Basuki," kata Sri Mulyani usai rapat di kantor Kemenko Perekonomian, Rabu (10/8/2022).

Sebelumnya Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan Kementerian PUPR sudah memiliki dana awal untuk pelaksanaan pembangunan IKN dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sebesar Rp 1 triliun. Anggaran tersebut sudah dialokasikan dalam APBN 2022.

Dalam perjalanannya, Kementerian PUPR kembali mengajukan tambahan anggaran dan sedang dikaji oleh Kementerian Keuangan. Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga pernah mengatakan bahwa anggaran yang diajukan di 2022 sebesar Rp 5 triliun.

"Untuk 2022 sekitar 5 triliun (dana yang diajukan)," ujar Danis kepada detikcom, Rabu (3/8/2022).

Dikarenakan masih menunggu pencairan dana, Danis mengatakan saat ini belum ada konstruksi yang dimulai. "Selesai DIPA, tanda tangan kontrak, (baru) mulai konstruksi," tambahnya.



Simak Video "IKN Masuk dalam Pembahasan Rakernas Kementerian ATR/BPN"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT