ADVERTISEMENT

Pak Jokowi, PLBN Yetetkun di Papua Sudah Rampung Siap Diresmikan

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Senin, 15 Agu 2022 11:50 WIB
PLBN Yetetkun
Pak Jokowi, PLBN Yetetkun di Papua Sudah Rampung Siap Diresmikan/Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta -

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Yetetkun telah selesai dibangun dan siap untuk diresmikan. PLBN Yetetkun terletak di Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Pembangunan PLBN ini dimulai pada Februari 2020 dan selesai pada Juni 2022 oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Papua Ditjen Cipta Karya. Sementara untuk kontraktornya sendiri yakni PT Nindya Karya (Persero) dan MK PT Ciriajasa Engineering & Management Consultant (CEC) dengan nilai fisik sebesar Rp 127,5 miliar.

Pembangunan PLBN merupakan salah satu upaya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) demi mengurangi disparitas dan memeratakan pembangunan infrastruktur khususnya di kawasan perbatasan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan PLBN Yetetkun tidak hanya menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia sebagai bangsa besar, tetapi yang terpenting sekali adalah fungsi pertahanan keamanan dan sekaligus sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini (PNG).

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (15/08/2022).

Selain pembangunan PLBN, Kementerian PUPR juga meningkatkan kualitas jalan perbatasan (Trans Papua) pada ruas Merauke-Boven Digoel tersebut untuk memperkuat konektivitas kawasan perbatasan. Dukungan konektivitas ini memudahkan masyarakat untuk membawa hasil tani untuk dijual di Patok Batas Negara di mana biasanya diadakan pasar kaget.

Sementara itu dengan dibangunnya PLBN ini, Kepala Badan Pengelola Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi Papua Suzana Wanggai mengungkapkan, dirinya berharap PLBN ini dapat menjadi pusat perekonomian bagi masyarakat Kabupaten Boven Digoel.

"Kita ciptakan sentra ekonomi baru di kawasan PLBN maka kita harus melihat peluang yang ada," kata Suzana.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT