ADVERTISEMENT

Anies Luncurkan Kos-Kosan Dekat Stasiun MRT, Lokasinya di Mana Saja?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 24 Agu 2022 12:18 WIB
Kos Rukita
Foto: Kos Rukita/Shafira Cendra Arini-detikcom
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini meluncurkan program baru bertajuk hunian terjangkau yang dekat dengan stasiun MRT. Program ini dibangun demi mendukung terciptanya pola mobilitas baru mengandalkan kendaraan umum dan jalan kaki.

Ialah Alaspadu, hunian sewa berkonsep co-living (kos) di dalam kawasan berorientasi transit (Transit Oriented Development/TOD) yang mengakomodir kebutuhan dan kemampuan kelas pekerja menengah di Jakarta.

Dilansir melalui laman resmi MRT Jakarta, penyediaan hunian sewa Alaspadu ini merupakan bagian dari program JAKHABITAT Provinsi DKI Jakarta dan hasil kerjasama dari PT MRT Jakarta (Perseroda), PT Rukita Bhinneka Indonesia, dan PT Cove Living Indonesia Rizky Kusumo.

Saat ini ada 400 unit hunian Alaspadu yang tersedia di sekitar tiga stasiun MRT Jakarta, yaitu Rukita Kudus Menteng yang berjarak sekitar 350 meter dari Stasiun Dukuh Atas BNI, Stasiun Blok M BCA, dan Stasiun Cipete Raya. Sementara itu, 350 kamar lainnya sedang dalam tahap pembangunan di sekitar Stasiun Fatmawati.

"Saat ini, kerja sama yang dijalankan oleh MRT Jakarta bersama dengan mitra operator properti yaitu COVE Living Indonesia dan Rukita Bhinneka tersebut menghasilkan 750 unit Alaspadu pada tahun 2022 dengan rincian 400 unit siap huni dan 350 unit dalam tahap persiapan/penjajakan kerja sama," tulis MRT Jakarta.

"Sementara untuk tahun 2023, ditargetkan sebanyak 2.000 unit baru Alaspadu," lanjutnya.

detikcom pun menyambangi salah lokasi co-living yakni Rukita Kudus Menteng pada Rabu (24/8/2022). Hunian yang berlokasi di Jalan Kudus, Menteng ini merupakan tempat Anies melakukan peluncuran program ini pada 19 Agustus lalu. Lokasinya berjarak sekitar 350 meter atau sekitar 10 menit jalan kaki ke Stasiun MRT Dukuh Atas BNI. Tidak hanya itu, posisinya juga sangat dengan dengan Stasiun KRL Sudirman dan kawasan perkantoran.

Program ini menawarkan harga yang dapat dijangkau oleh kelas pekerja menengah serta adanya paket harga yang terintegrasi dengan biaya transportasi, dengan rentang sewa hunian dari Rp 1,9 hingga Rp 5 jutaan. Sementara untuk di Rukita Kudus Menteng sendiri dimulai dari harga Rp 3,2 juta-an.

Perlu diketahui, tidak hanya Alaspadu yang berkonsep hunian sewa, Pemerintah DKI juga akan meluncurkan Rumapadu yang merupakan hunian kepemilikan (kelas apartemen) dengan konsep compact city sebanyak 320 unit yang berlokasi di One Bell Park Apartment, Fatmawati, yang berjarak sekitar 1,6 kilometer dari Stasiun Fatmawati.

Informasi terkait hunian terjangkau Alaspadu dan Rumapadu dapat dilihat pada Galeri Huni JAKHABITAT serta pada situs web dan akun media sosial PT MRT Jakarta (Perseroda).



Simak Video "Teka-teki Penyebar Tabloid Anies di Masjid Kota Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT