ADVERTISEMENT

Pilu Warga AS Sulit Punya Rumah, Ngontrak Pun Mahal!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 23 Sep 2022 08:44 WIB
beli rumah
Foto: shutterstock
Jakarta -

Tahun 2022 ini disebut-sebut sebagai tahun yang sulit untuk orang Amerika Serikat (AS) yang ingin membeli atau mengontrak rumah. Pasalnya, harga makin mahal.

Dikutip dari CNN disebutkan hal ini karena harga sewa rumah naik gila-gilaan di beberapa kota. Kemudian harga rumah sampai bunga KPR juga kian mahal dan masyarakat makin sulit untuk memiliki hunian.

Tahun ini bunga KPR di AS telah menyentuh 6% dengan harga rumah yang juga selangit. Padahal tahun lalu, harga rumah masih 20% lebih murah yaitu US$ 363.800 dan bunga KPR masih di level 2,88%.

Sekarang bunga 6,29% dan harga rumah menjadi US$ 396.300. Ini artinya pembeli harus mencicil sekitar US$ 1.960 per bulan untuk pokok dan bunga.

Penyebab tingginya harga rumah dan bunga KPR ini terjadi karena inflasi yang tinggi. Sehingga hanya sedikit calon pembeli yang merasa mampu untuk membayar cicilan rumah di AS.

Peneliti dari Black Knight Andy Walden mengungkapkan harga rumah memang mengalami kenaikan hingga 60% dalam lima tahun terakhir. Namun rata-rata kenaikan pendapatan hanya 15%.

"Harga rumah tidak sesuai dengan pendapatan masyarakat," kata dia dikutip dari CNN, Jumat (23/9/2022).

Walden mengungkapkan, saat ini orang AS rata-rata menghabiskan lebih dari 35% untuk pembayaran cicilan pokok dan bunga KPR mereka.

Untuk kembali ke kondisi normal dibutuhkan berbagai kebijakan. Misalnya kenaikan pendapatan hingga 40%, pemangkasan bunga KPR hingga penurunan harga rumah. Namun dia pesimis hal itu akan terjadi dalam waktu depan.

Dia juga menjelaskan, memang pandemi COVID-19 menyebabkan harga rumah naik, karena permintaan yang sangat tinggi.

Selain itu ketersediaan rumah di AS sangat ketat. Sehingga banyaknya permintaan ini tak bisa terpenuhi jadi harga terus-terusan melambung.

Tak cuma rumah untuk dibeli, rumah sewa juga terus mengalami kenaikan biaya. Seperti di Sun Belt, Phoneix dan Austin yang harga sewanya naik mulai dari 17% hingga 33%. Dari Realtor.com kenaikan harga ini terjadi sejak tahun lalu.

Lihat juga video 'Rusia Beri Sanksi Personal ke 25 Warga AS, Termasuk Sean Penn dan Ben Stiller':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT