Tinggal di Rumah Eco Green Bisa Hemat Biaya Lho, Gini Hitungannya

ADVERTISEMENT

Tinggal di Rumah Eco Green Bisa Hemat Biaya Lho, Gini Hitungannya

tim detikcom - detikFinance
Minggu, 25 Sep 2022 10:45 WIB
Rumah Ramah Hemat Energi
Foto: Rumah Ramah Hemat Energi (Istimewa)
Jakarta -

Pengembangan sebuah proyek perumahan bukan hanya membangun unit rumah beserta fasilitasnya. Ada banyak hal yang diterapkan untuk menghadirkan kenyamanan yang optimal bagi penghuni sementara itu di sisi lain pengembangannya juga tidak boleh menganggu iklim maupun kawasan lingkungan sekitarnya.

Hal itulah yang diterapkan oleh PT Cipta Harmoni Lestari di seluruh pengembangan proyeknya termasuk Mazenta Residence Bintaro, Tangerang Selatan, Banten. Menurut Project Director Mazenta Residence dan CMO Cipta Harmoni Lestari Setia Iskandar Rusli, sebagai pengembang pihaknya memiliki cita-cita untuk menghadirkan proyek perumahan yang hemat energi, sejuk dengan sirkulasi alami, dan dapat bermanfaat untuk keberlanjutan lingkungan sekitarnya.

"Kami juga ingin menghadirkan visi seperti IKN Nusantara yang hijau dan sutainable makanya Mazenta Residence didesain dengan konsep konservasi air. Setiap unit rumahnya bisa meresap dan menyimpan kembali penggunaan air hingga 95 persen dan kawasannya didesain dengan saluran pembuangan akan diserap dulu di sumur resapan yang disediakan di setiap rumah. Jadi setiap tetes air dipertahankan di kawasan dan bukannya dibuang ke saluran," ujarnya.

Concern pada kelestarian lingkungan seperti ini bukan lagi sekadar tren tapi mutlak harus diterapkan terlebih dengan perubahan iklim maupun kerusakan yang telah terlihat. Mazenta Residence dihadirkan untuk ikut berkontribusi menjaga lingkungan termasuk pada konsep desain yang diterapkan.

Mengutip www.mazentabintaro.id, setiap ruangannya mendapatkan pencahayaan alami dengan bukaan yang luas bahkan ruang keluarga dan ruang makan mendapatkan pencahayaan dari dua sisi. Saat menaiki tangga juga ada pencahayaan yang optimal dari skylight di atasnya bahkan di kamar mandi juga mendapatkan pencahayaan alami. Suasana seperti ini akhirnya memberikan konsep hunian seperti vila bintang lima.

Ciri khas lainnya, Mazenta Residence menerapkan atap berwarna putih (white roof) yang merupakan riset dari rumah-rumah di luar negeri. Keuntungan dari white roof ini bisa membuat suhu udara di dalam bangunan lebih adem dan menurunkan biaya energi hingga 20 persen. Penggunaan white roof juga akan lebih awet dengan mematuhi standar energi bangunan dan program energi hijau internasional.

"Satu lagi fitur hemat energi yang dihadirkan di Mazenta Residence yaitu sistem penggunaan pemanas air yang terintegrasi sehingga setiap unit rumah di Mazenta hanya memerlukan satu unit pemanas air jenis apapun, baik yang elektrik, pemanas solar, maupun pemanas dari AC. Dengan fitur ini bisa dihasilkan tambahan penghematan biaya energi sekitar 5-8 persen tergantung ukuran dari pemanas listrik yang digunakan. Informasi lebih lengkapnya bisa menghubungi WA 081333335155," pungkas Setia.

Sebagai informasi, Mazenta Residence diluncurkan pada bulan Maret 2022 lalu dan sejak saat itu terus menunjukan progres yang baik hingga mulai dibangun pada Juli 2022 dengan target serah terima akhir tahun 2023. Dengan menyasar harga perdana Rp1,9 miliar untuk produk sejenis di kawasan yang harganya rata-rata Rp2,2 miliar, peningkatan harga unit rumah Mazenta Residence sangat progresif. Memasuki kuartal ketiga 2022 penjualannya juga telah mencapai 80 persen sehingga untuk bulan Oktober 2022 ini harga yang ditawarkan akan kembali naik.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT