Jokowi Beri Karpet Merah Buat Investor IKN, Diskon Pajak Sampai 350%!

ADVERTISEMENT

Jokowi Beri Karpet Merah Buat Investor IKN, Diskon Pajak Sampai 350%!

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Rabu, 19 Okt 2022 11:17 WIB
Pekerja menyelesaikan pembuatan prasasti bergambar peta Indonesia di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (19/4/2022). Prasasti tersebut dibangun di atas tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia yang telah disatukan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.
IKN/Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Jakarta -

Pemerintah Indonesia terus merayu investor untuk investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakinkan akan ada banyak insentif yang siap diberikan pemerintah.

"Kurang apalagi? Lahan ada Menteri ATR/BPN. Insentif masih ada yang kurang, ada menteri investasi. Pak kurang insentif, minta. Tax holiday kurang panjang misalnya. Tax deductionnya kurang banyak, silakan disampaikan," kata Jokowi dalam acara Market Sounding IKN di Ballroom Djakarta Theater, dikutip Rabu (19/10/2022).

Sementara itu, Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono memaparkan sejumlah insentif yang disiapkan. Misalnya tax holiday untuk infrastruktur umum selama 30 tahun untuk investasi Rp 50 miliar.

Di sektor penelitian dan pengembangan (litbang), ada juga insentif berupa tax deduction sebesar 350%. ""Ini sudah tahap finalisasi, lalu duet saya dengan pak Donny (Wakil Kepala Otorita IKN) dengan KADIN. Kalau PP keluar bisa langsung implementable," kata Bambang.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid mengatakan, IKN merupakan Masa Depan Bangsa Indonesia, simbol dari Indonesia Emas. Melalui IKN, diharapkan dapat mendorong percepatan pemerataan di Indonesia, sehingga Indonesia dapat menjadi magnet perekonomian dunia.

"Dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045, kita tidak hanya bisa bergantung pada pembangunan di Pulau Jawa, namun kita juga harus menggali dan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada
di wilayah Indonesia. Dan disinilah, IKN menjadi sebuah solusi dan harapan baru," ungkap Arsjad

Sebagai mitra strategis pemerintah dan rumah bagi dunia usaha, KADIN Indonesia siap membantu memfasilitasi pencarian investor dan membukukan target investasi untuk pembangunan Ibukota Negara Nusantara (IKN). Sehingga IKN dapat menjadi terobosan di segala bidang dan pelaku usaha tidak lagi menemukan hambatan dalam menjalankan bisnisnya.

Sejauh ini banyak investor sudah menyatakan minatnya investasi di IKN. Misalnya, RS Hermina, Jakarta Intercultural School (JIS), IKEA, Ciputra Group, dan beberapa investor yang belum bisa disebutkan.

"Karena tadi sudah JIS sudah, IKEA sudah, Hermina sudah. Tadi sudah disampaikan oleh Kepala Otorita rumah sakit tidak hanya satu tapi sudah ada komitmen tujuh," imbuh Jokowi.

Adapun pembangunan IKN mulai dikebut tahun 2023. Menurut Bambang, pihaknya yakin penyelesaian IKN bisa sesuai target.



Simak Video "Rusia Berminat Investasi di IKN: Kami Punya Pengalaman Pindahkan Ibu Kota"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT