Terungkap! Begini Skenario Pemindahan PNS ke IKN

ADVERTISEMENT

Terungkap! Begini Skenario Pemindahan PNS ke IKN

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 19 Okt 2022 23:04 WIB
MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas
Foto: Karin Nur Secha/detikcom: MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas buka suara mengenai skenario pemindahan PNS ke Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Ia menyebut ada beberapa skenario.

Salah satunya, pada tahun 2024 ASN yang dipindahkan mencapai 1.971 orang.

"Jadi gini, memang ada beberapa skenario, untuk pemindahan ASN, TNI Polri ke IKN, beberapa skenario terkait pemindahan ASN ini memang menjadi tugas yang diberikan ke KemenPAN-RB," ujar MenPAN-RB di Jakarta, Rabu (19/10/2022).

"Ada skenario misalnya di 2024 itu misalnya ada 1.971 total jumlah ASN dari 27 kementerian lembaga. Itu berarti akan ada 23 pejabat negara tapi ada juga dan juga 888 JPT (jabatan pimpinan tinggi," sambungnya.

Skenario selanjutnya yakni ASN yang dipindahkan 5.716 ASN. Lalu, ada juga skenario ASN yang dipindahkan mencapai 60 ribu ASN.

Dia mengatakan, fungsi-fungsi pelayanan bisnis masih bisa di Jakarta. Sementara, fungsi pendukung kebijakan bisa di IKN.

"Fungsi-fungsi supporting kebijakan nanti ada di sana, termasuk kita menyiapkan smart ASN, kira-kira begitu karena di sana menyangkut SDM aparaturnya, kebijakan seperti apa, sistem pendukungnya juga harus kita siapkan, infrastrukturnya, anggarannya dan seterusnya," katanya.

(acd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT